Pemerintah Meminta, Barca Menjamu Napoli Tanpa Penonton

Penonton menyaksikan pertandingan 16 besar Liga Champions antara Napoli menjamu Barcelona di Stadion San Paolo, Naples, dengan menggunakan masker, pada 25 Februari 2020 – Foto Ant

JAKARTA – Pemerintah provinsi Barcelona, secara resmi meminta pertandingan 16 besar Liga Champions yang mempertemukan Barcelona FC dengan Napoli, dimainkan tanpa kehadiran penonton.

Tiga hari silam, Kementerian Kesehatan Spanyol mengumumkan bahwa laga tersebut tidak berada dalam risiko, dan para penggemar dapat menyaksikan pertandingan itu secara langsung di dalam stadion. Namun, Generalitat de Catalunya kini mengajukan permohonan resmi, yang meminta agar pertandingan yang dijadwalkan berlangsung pada 18 Maret di Camp Nou tersebut, dimainkan tanpa penonton. Permohonan itu merupakan respons terhadap kecemasan terkait penyebaran virus corona.

Napoli menahan imbang Barcelona dengan skor 1-1 pada pertandingan pertama di San Paolo bulan lalu. Kedua tim telah menjual tiket untuk pertandingan pekan depan. Pertandingan tim Spanyol lawan klub Italia lainnya, antara Valencia kontra Atalanta, telah dijadwalkan dimainkan tanpa penonton.

Hal itu dikarenakan, wilayah Bergamo dan Lobardy, merupakan pusat penyebaran virus corona di Italia. Pertandingan Inter Milan melawan Getafe juga akan dimainkan tanpa penonton, dan Barca kini dapat memutuskan untuk menyelenggarakan pertandingan dengan pendekatan serupa.

Pertandingan Paris Saint-Germain (PSG) melawan Borussia Dortmund di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Paris, Prancis, Kamis (12/3/2020) juga bakal digelar tanpa penonton. Hal itu dilakukan di tengah rasa kekhawatiran penyebaran virus corona.

Keputusan itu disampaikan oleh Kepolisian Prancis pada Senin (9/3/2020), usai pemerintah Prancis pada Minggu (8/3/2020) melarang adanya pertemuan dan keramaian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang. PSG pun menyatakan keputusan laga tanpa penonton itu merupakan keputusan terbaik, demi menghindari penyebaran wabah virus COVID-19 semakin luas.

Pembatalan tersebut merupakan pertandingan kedua Liga Champions yang akan dimainkan tanpa penonton. Sebelumnya, Valencia juga telah mengumumkan bahwa laga menjamu Atalanta di Spanyol pada Rabu (11/3/2020) dini hari WIB tanpa penonton. Tak hanya Liga Champions, virus corona telah membuat pertandingan Serie A yang mempertemukan Juventus dan Inter Milan pada Minggu (8/3/2020) malam, dimainkan secara tertutup.

Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Véran, pekan lalu menyatakan, pemerintah melarang pertemuan yang melibatkan lebih dari 5.000 orang dalam satu tempat. Pelarangan itu diperluas ke seluruh bagian Prancis. Namun peraturan tersebut tidak berlaku untuk perkumpulan di dalam transportasi publik, maupun saat ujian di sekolah-sekolah ataupun demonstrasi politik. “Prioritas kami adalah melakukan apapun untuk meminimalisir penyebaran virus,” kata Véran.

Prancis menjadi salah satu negara di Eropa, yang telah melaporkan kasus positif corona. Kementerian Kesehatan Prancis melaporkan pada Minggu (8/3/2020) petang, telah ada 1.126 kasus terkonfirmasi, dengan tiga di antaranya meninggal dunia akibat virus tersebut. (Ant)

Lihat juga...