Pemprov Sumbar Luncurkan ‘Website’ Perkembangan Covid-19

Editor: Koko Triarko

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat terus melakukan  pemantauan penyebaran Covid-19 dan memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat, melalui Posko Penanganan Covid-19 di Kantor BPBD.

Ketua Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatra Barat, Erman Rahman, mengatakan supaya masyarakat bisa mengetahui situasi perkembangan Covid-19 di Posko Penanganan Covid-19, dan website corona.sumbarprov.go.id, dan masyarakat bisa mengakses via smartphone.

“Website yang kami buat untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan virus Corona ini. Dalam website itu banyak berisi informasi, seperti peta penyebaran virus Corona di dunia maupun daerah, data, publikasi dan informasi lainnya,” ujar Kalaksa BPBD Sumatra Barat ini, Rabu (18/3/2020).

Hari ini Rabu (18/3) pertama kali website ini dijalankan. Untuk mengetahui data perkembangannya, akan diperbarui per pukul 12.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin mengakses bisa mengunjungi situs lewat dari waktu tengah hari itu.

“Jadi, di sana tidak sekadar informasi. Tetapi masyarakat juga dapat mengontak jika diperlukan. Website memberikan perkembangan jumlah update, seperti jumlah positif, negatif, sudah diperiksa, data Orang Dalam Pantauan (ODP), dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” terangnya.

Menurutnya, seluruh data yang ditampilkan terlebih dahulu diverifikasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Barat. Namun, informasi itu mesti menunggu sejumlah data dari dinkes kabupaten dan kota.

“Data tersebut nanti akan diberivikasi  Dinkes, kemudian dikirim ke BPBD, setelah itu dirilis dalam website tersebut,” jelasnya.

Lihat juga...