Pertamina MOR IV Jateng-DIY Bantu 250 Liter Antiseptik

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng-DIY, bekerjasama dengan Universitas Diponegoro, memberikan bantuan 250 liter cairan antiseptik  atau hand sanitizer kepada PT Trans Semarang.

Nantinya, cairan antiseptik ini akan ditempatkan di dalam bus BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang, yang merupakan transportasi publik di Kota Semarang dan sekitarnya.

“Seperti diketahui sebagai transportasi publik, masyarakat memanfaatkan BRT sebagai moda transportasi. Disatu sisi, ditengah maraknya wabah corona, penumpang BRT juga harus dijaga kesehatannya,” papar General Manager Pertamina MOR IV Iin Febriana, disela penyerahan bantuan di Semarang, Kamis (26/3/2020).

Lebih jauh diterangkan, kerjasama yang dijalin antara Pertamina bersama berbagai lembaga ini, merupakan bentuk inisiatif untuk bersama-sama melakukan langkah pencegahan terhadap penyebaran pandemi corona.

“Kita menggandeng Undip, dalam penyediaan cairan antiseptik sebanyak 250 liter. Mereka yang membuat, dikemas dalam botol-botol berukuran 500 ml. Nantinya, cairan ini akan didistribusikan, diantaranya  armada BRT – Trans Semarang serta di fasilitas-fasilitas umum lainnya,” tambahnya.

Kepala Laboratorium Advance Material Fakultas Teknik Undip, Prof Widayat, menambahkan dalam menghadapi wabah virus corona, upaya menjaga kebersihan menjadi faktor penting.

“Penggunaan disinfektan atau mencuci tangan dengan air sabun, harus dilakukan secara teratur dan rutin. Program yang digagas Pertamina merupakan upaya membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan, khususnya penumpang BRT,” terangnya.

Ditambahkan, hand sanitizer yang dibuat Fakultas Teknik Undip tersebut sudah mengacu pada standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO, sehingga kualitas dan kemampuannya dalam membasmi bakteri atau kuman bisa dipertanggung jawabkan.

Sementara, Manager Operasional BRT Ikhwan Susanto, menuturkan upaya pencegahan dengan menyediakan hand sanitizer di armada bus dapat turut memberikan pemahaman terkait perilaku sehat bagi penumpang transportasi umum.

“Upaya yang dilakukan oleh Pertamina sangat bermanfaat bagi kami selaku pengelola transportasi umum. Selain berupa langkah pencegahan terhada penyebaran virus Corona, upaya ini termasuk bentuk edukasi kepada penumpang untuk dapat terus menjaga kebersihan dan kesehatannya,” tandasnya.

Lihat juga...