Peserta Libertadores dan Sudamericana Dibantu Finansial oleh Conmebol

Presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), Paraguay Alejandro Dominguez, menyampaikan pidato selama undian awal CONMEBOL untuk Piala Dunia FIFA 2022 Qatar di Luque, Paraguay, (17/12/2019) – Foto Ant

JAKARTA – Konfederasi sepak bola Amerika Selatan, Conmebol, menawarkan dana bantuan kepada klub-klub di wilayahnya, yang menjadi peserta dalam Copa Libertadores dan Copa Sudamericana.

Copa Libertadore sdan Sudamericana adalah, dua kompetisi antarklub tingkat regional setempat. Bantuan diberikan, di tengah pandemi global COVID-19. Bantuan itu berupa pembayaran di muka, 60 persen dari uang bagi hasil kejuaraan-kejuaraan tersebut. Diharapkan, hal itu bisa dimanfaatkan untuk menanggulangi kondisi finansial, yang perlahan mulai terdampak pandemi COVID-19.

“Situasi semacam ini menuntut respon yang cepat dan tepat. Dengan percepatan dana bagi hasil ini, CONMEBOL bisa membantu klub-klub untuk memenuhi kewajiban finansial mereka terhadap berbagai pihak terlibat, termasuk staf pelatih dan pemain,” kata Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, dalam pernyataan resmi di laman organisasi tersebut, Kamis (26/3/2020).

Saat ini, sedikitnya 76 klub masih berkompetisi dalam Copa Libertadores dan Copa Sudamericana. Sebagian di antaranya sudah merumahkan pekerjanya, dan banyak pemain diwajibkan bertahan dirumah menjalani swakarantina.

Copa Libertadores saat ini masih di fase penyisihan grup, sedangkan Copa Sudamericana sudah memasuki di babak kedua, sebelum sepak bola di daratan Amerika Latin ditangguhkan hingga waktu tak terbatas untuk pencegahan COVID-19. Conmebol sebelumnya juga sudah memutuskan untuk menunda Copa America 2020, yang sedianya digelar di Argentina dan Kolombia musim panas nanti, untuk dilangsungkan tahun depan. (Ant)

Lihat juga...