Petani di OKU Timur Diimbau Manfaatkan Lahan Menganggur

MARTAPURA  – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, mengimbau petani di wilayah setempat untuk memanfaatkan lahan yang menganggur dengan penanaman berbagai jenis tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat di wilayah itu.

“Jika ada lahan nganggur bisa dimanfaatkan untuk ditanam berbagai tanaman seperti sayuran,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura OKU Timur, Sujarwanto, di Martapura, Jumat.

Dia mengatakan saat musim hujan seperti sekarang ini para petani bisa memanfaatkan lahan nganggur yang tidak bertuan, walaupun hanya sejengkal untuk ditanam sayuran maupun tanaman musiman lainnya.

“Seperti tanaman ubi kayu, kacang tanah, ubi jalar, jagung, dan kacang hijau, bagus untuk ditanam karena biasanya dapat tumbuh dengan baik di OKU Timur,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, pengembangan tanaman hortikultura lainnya seperti budi daya jamur, cabai besar, cabai rawit, kentang, sawi, dan tomat, juga sangat menjanjikan untuk dibudidayakan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

Menurut dia, budi daya jenis tanaman ini sudah sejak lama dilakukan secara mandiri oleh masyarakat OKU Timur dan diharapkan dapat diperluas dalam memenuhi pasar hingga luar daerah.

“Selain untuk penghijauan, dengan memanfaatkan lahan nganggur ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui tanaman yang ditanam tersebut,” ujar Sujarwanto. (Ant)

Lihat juga...