Petrea Volubilis, Tanaman Rambat Berbunga Ungu yang Menawan

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Petrea volubilis dikenal sebagai salah satu tanaman merambat yang indah, sehingga sering dijadikan alternatif tumbuhan penghias di taman atau atap garasi. Tapi, selain itu ada keistimewaan lain dari Petrea volubilis ini, yaitu daunnya yang kasar.

Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian dan Landscape Gardener Taman Buah Mekarsari Junaedi menyatakan yang menarik dari Petrea volubilis adalah daunnya yang kasar. Sehingga di beberapa negara, bunga ini dikenal dengan nama sandpaper vine atau amplas rambat.

“Bagian atas memiliki tekstur daun yang kasar. Ini yang membuat dia menjadi istimewa. Walaupun kita belum coba ya apakah benar bisa buat amplas atau tidak,” kata Junaedi saat ditemui di Taman Buah Mekarsari, Bogor, Minggu (15/3/2020).

Daun Petrea volubilis berbentuk oval berukuran 10-15 cm dengan tulang daun yang jelas. Warnanya hijau, tapi tidak terlalu gelap.

“Bahkan pucuk daun yang baru muncul juga akan kaku dan tidak berwarna hijau segar, seperti kebanyakan pucuk daun kebanyakan,” ujarnya.

Daun Petrea volubilis yang kasar seperti amplas, Minggu (15/3/2020). -Foto Ranny Supusepa

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Sodikin, menjelaskan Petrea volubilis ini merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko. Tapi setelah dicoba untuk ditanam di Taman Buah Mekarsari, terlihat mampu beradaptasi.

“Kita sudah memiliki Petrea ini sekitar tiga tahun. Dan sejauh ini memang bagus bunganya. Terutama dengan udara panas Indonesia. Panas itu memicu fase generatif,” kata Sodikin saat ditemui di Area Nursery Taman Buah Mekarsari.

Bunganya berwarna ungu dan berbentuk seperti bintang. Kelopak bunga berukuran kecil dan memanjang.

“Petrea ini bunganya ramai. Satu male (batang bunga) bisa memiliki sedikitnya sekitar 50 bunga. Dan panjang male ini bisa mencapai satu meter,” paparnya.

Bunga Petrea volubilis yang berwarna ungu akan berubah menjadi pucat, lalu hijau kemudian menjadi coklat lalu gugur.

“Saat menjadi coklat ini, kita bisa mengambil bijinya untuk dijadikan bibit. Kalau nanti sudah mulai banyak, Petrea volubilis ini juga bisa dikembangbiakan dengan sistem sek,” ujarnya.

Biji Petrea volubilis akan diserahkan di pasir atau tanah top soil. Setelah 2-3 bulan akan muncul tunas, baru dipindahkan ke media tanam pot.

“Untuk yang dikembangbiakan, kita sudah ada Petrea yang berumur sekitar satu tahun. Tanaman ini tidak rewel dan gampang ditanam. Selama terkena matahari sepanjang tahun,” kata Sodikin lebih lanjut.

Petrea volubilis bisa ditumbuhkan menjadi tanaman rambat, baik menggunakan pot maupun ditanam di tanah.

“Berdasarkan literatur, kalau dirambatkan, batangnya bisa mencapai panjang 12 meter. Sementara jika ditanam seperti semak, mampu mencapai ketinggian 4 meter. Batangnya sendiri, mampu berdiameter hingga 10 cm,” pungkas Sodikin.

Lihat juga...