Pohon Tumbang di Jalinsum Akibatkan Kemacetan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Angin kencang yang melanda wilayah Lampung Selatan (Lamsel) berimbas sejumlah pohon tumbang. Pohon jati putih di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Banjarmasin, Kecamatan Penengahan ambruk melintang di jalan. Pohon setinggi sekitar belasan meter roboh melintang di jalan berimbas kemacetan arah Bakauheni ke Kalianda dan sebaliknya.

Aiptu Zakaria, anggota Polsek Penengahan menyebut beruntung saat pohon tumbang tidak ada pengendara melintas. Langkah penanganan awal dilakukan oleh anggota Polsek Penengahan, masyarakat, Satpol PP Kecamatan Penengahan dengan membersihkan pohon tumbang tersebut. Memanfaatkan tali seling batang pohon tumbang bisa disingkirkan ke tepu jalan.

Proses pembersihan ranting, batang pohon selama hampir satu jam berimbas kemacetan kendaraan. Pohon yang tumbang di tepi Jalinsum menurut Aiptu Zakaria ditengarai akibat angin kencang dan daun yang terlalu lebat. Meski jauh dari permukiman warga, imbas pohon tumbang tersebut sempat mengganggu arus lalu lintas.

“Saat sejumlah personie Polsek Penengahan melakukan giat rutin patroli di Jalinsum kami menerima laporan warga terkait adanya pohon tumbang sehingga dilakukan pembersihan sekaligus pengaturan lalu lintas,” ungkap Aiptu Zakaria ditemui saat proses pembersihan pohon tumbang, Senin (9/3/2020).

Aiptu Zakaria (berkacamata) anggota Polsek Penengahan Polres Lampung Selatan melakukan pengaturan lalu lintas selama proses pembersihan pohon tumbang di Jalinsum Desa Banjarmasin, Kecamatan Penengahan, Senin (9/3/2020). -Foto: Henk Widi

Ratusan kendaraan dari arah Kalianda ke Bakauheni dan sebaliknya menurutnya sempat terhambat. Sebab batang pohon yang melintang di jalan mengakibatkan badan jalan tidak bisa dilalui dari dua arah. Upaya pembersihan yang dilakukan secara gotong royong bersama dengan warga membuat arus lalu lintas kembali lancar. Selain pohon jati putih, sejumlah pohon mahoni yang ada di Jalinsum diantaranya mengalami ranting yang patah.

Lihat juga...