Polisi Kerahkan Water Canon Semprotkan Disinfektan Keliling Maumere

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Mencegah penyebaran virus corona, Polres Sikka melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil water canon keliling kota Maumere sejak di areal pertokoan hingga ke jalan raya menuju Bandara Frans Seda Maumere.

Penyemprotan di sekitar kota tersebut menggunakan cairan disinfektan sebanyak 5 ribu liter bekerjasama dengan TNI dan pemerintah daerah Kabupaten Sikka terutama Dinas Kesehatan yang menyediakan cairan disinfektan.

“Penyemprotan dilakukan untuk mencegah penularan virus corona dengan melibatkan TNI dan Pemerintah Kabupaten Sikka menggunakan sebuah mobil water canon milik Polres Sikka,” kata Kapolres Sikka AKBP Sajimin melalui Kasubag Humas Polres Sikka, AKP Petrus Kanisius, Kamis (26/3/2020).

Kasubag Humas Polres Sikka AKP Petrus Kanisius yang ditemui usai kegiatan penyemprotan disinfektan di halaman Polres Sikka, Kamis (26/3/2020). Foto: Ebed de Rosary

Penyemprotan disinfektan, kata Petrus, akan terus dilakukan ke depannya mengingat banyak fasilitas umum yang harus disterilkan guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Sikka.

Polres Sikka melalui Bhabinkamtibmas, sebutnya, juga tetap memberikan imbauan hingga ke desa-desa di seluruh wilayahKkabupaten Sikka meneruskan maklumat dari Kapolri terkait langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

“Pembubaran kerumunan massa dilakukan setiap saat bekerjasama dengan TNI di mana untuk sementara kita lakukan persuasif saja tanpa diambil tindakan hukum. Tapi kalau masih mengumpulkan massa atau pesta kami akan ambil tindakan tegas,” ungkapnya.

Polres Sikka, kata Petrus, juga menunda beberapa kegiatan seperti pembuatan SIM, SCKK dan pemberian izin keramaian sampai waktu yang tidak ditentukan sesuai dengan perintah Kapolri.

Sejauh ini ucapnya, tempat usaha seperti toko dan kantor-kantor sudah sebagian besar menerapkan aturan social distancing termasuk di Polres Sikka juga disiapkan alat untuk mencuci tangan.

Sementara itu, Grave Seda, ketua Palang Merah Indonesia Cabang Sikka mengatakan, pihaknya pun tetap melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai areal publik dengan menggunakan alat penyemprot manual bekerjasama dengan beberapa relawan.

Grave berharap agar pemerintah bisa segera menyiapkan cairan disinfektan dalam jumlah banyak agar semua fasilitas publik bisa dilakukan penyemprotan apalagi saat ini kantor pemerintah dan sekolah sedang libur.

“Petugas kami selalu stand by dan siap membantu melakukan penyemprotan disinfektan bila cairannya tersedia. Kalau bisa petugas yang melakukan penyemprotan disiapkan alat pelindung diri juga,” harapnya.

Disaksikan Cendana News, penyemprotan disinfektan menggunakan mobil water canon dilakukan sekitar pukul 13.00 WITA meliputi areal pertokoan, sepanjang jalan negara trans Flores baik di jalan Achamd Yani dan Jenderal Sudirman serta jalan  Adi  Sucipto menuju Bandara Frans Seda Maumere,

Saat dilakukan penyemprotan, warga tidak banyak terlihat berkeliaran di jalan-jalan sehingga aktivitas penyemprotan berlangsung lancar dengan pengawalan mobil sirene dari Polres Sikka dan BPBD Sikka.

Lihat juga...