Polri Semprot Disinfektan di 3.000 Titik Fasum

Personel TNI dan Polri, menyemprotkan cairan disinfektan di halaman Makorem 133/Nani Wartabone, di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Kamis (26/3/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Jajaran Polri telah melakukan penyemprotan disinfektan di 3.000 titik fasilitas umum, di seluruh Indonesia. Hal itu bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Penyemprotan disinfektan merupakan bagian dari operasi terpusat kontijensi Aman Nusa II, yang digelar selama 30 hari sejak 20 Maret 2020. “Operasi Aman Nusa II 2020, Mabes Polri dan jajaran telah melaksanakan penyemprotan disinfektan di 3.000 titik tempat umum di Jakarta sampai ke daerah,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut menjelaskan, dalam penyemprotan disinfektan, pada beberapa polda sudah menggunakan bantuan drone penyemprot, seperti di Polresta Pekanbaru‎, Riau.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto menjelaskan, drone penyemprot disinfektan mampu membawa 15 liter cairan disinfektan sekali terbang. “Polda Riau selalu berinovasi guna memberikan rasa aman kepada masyarakat. Selain di Pekanbaru, penyemprotan menggunakan drone juga dilakukan di Kota Dumai, Kabupaten Siak dan Kampar,” kata Sunarto.

Polri menggelar Operasi Terpusat Kontijensi Aman Nusa II 2020 selama 30 hari sejak 20 Maret 2020, dalam rangka menangani pandemi COVID-19 di seluruh Indonesia. Selama operasi, Polri berkoordinasi dengan BNPB, TNI dan pemerintah daerah, dengan mengedepankan langkah pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum.

Dalam operasi ini, Ketua Operasi Terpusat Kontijensi Aman Nusa II 2020, Komjen Agus Andrianto sudah mengecek kesiapan Wisma Atlet, Jakarta Pusat yang menjadi rumah sakit darurat untuk pasien COVID-19. Agus yang juga merupakan Kabaharkam Polri, juga telah mengecek kesiapan RS Polri Said Sukanto, Jakarta Timur dan RS Bhayangkara Mako Brimob, Depok, Jawa Barat untuk menerima pasien COVID-19. (Ant)

Lihat juga...