Prof. Haryono: Bob Hasan, Orang yang Setia Terhadap Pak Harto

JAKARTA — Menko Kesra Kabinet Reformasi Pembangunan era pemerintahan Jenderal Besar HM Soeharto, Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Ph.D., menyebutkan, Mohammad (Bob) Hasan merupakan seorang yang setia. Bahkan Pak Harto mempercayainya sebagai duta non formal dalam membantu pembangunan Indonesia.

Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Ph.D [Dok CDN]
“Bob Hasan itu orang yang sangat dipercaya oleh Pak Harto selama menjadi Presiden. Bob Hasan itu mampu mempergunakan kepercayaan Pak Harto itu dengan Baik. Beliau termasuk orang yang setia dan mau pasang badan dan menanggung tuduhan yang ditimpakan kepada pak Harto. Bahkan Bob Hasan pernah di penjara di Nusakambangan,” sebut Prof. Haryono saat dihubungi oleh Cendana News, Selasa (31/03/2020).

Menko Kesra Kabinet Reformasi Pembangunan ini juga menyebutkan, bahwa Bob Hasan merupakan orang yang dipercaya Pak Harto untuk menyelesaikan permasalahan di bidang tertentu yang tidak mampu ditangani oleh jajaran pemerintahan.

“Bob Hasan oleh Pak Harto dijadikan duta untuk urusan tertentu dalam membangun Indonesia,” sebut Prof Haryono.

Seperti saat negara mengalami kekurangan beras, Pak Harto menugaskan Bob Hasan ke luar negeri untuk mendapatkan dukungan pangan. Begitu juga, dalam hal-hal tertentu, ditugaskan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh jajaran pemerintahan. Sebagai pengusaha, Bob Hasan mampu menerobos jalur-jalur non formal untuk mendapatkan bantuan-bantuan bagi pembangunan di Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) era Pak Harto ini juga menyebutkan, selama menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan memang Bob Hasan tidak banyak berkontribusi, karena hanya menjabat sebentar. Tapi sebagai pengusaha, ia memberikan sumbangsih yang besar dalam pembangunan selama Pak Harto memimpin.

Prof. Haryono juga berharap almarhum Bob Hasan diterima oleh Tuhan yang maha kuasa dan diberikan tempat yang sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Soeharto, Mohammad (Bob) Hasan meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 siang di RSPAD.

Bob Hasan meninggal dunia di usia 89 tahun. Beliau diketahui mengidap penyakit kanker dan telah menjalani perawatan secara intensif sejak tiga bulan terakhir.

Lihat juga...