Program City Gas Kota Jambi Mencapai 9.000 Sambungan

Sambungan City Gas di rumah warga. Sambungan city gas di Kota Jambi sudah mencapai 9.000 sambungan – Foto Ant

JAMBI – Program City Gas Kota Jambi, yang merupakan program untuk mengembangkan jaringan gas secara bertahap, saat ini di kota tersebut sudah mencapai sekira 9.000 sambungan.

“Sambungan City Gas ini merupakan program nasional, melalui Kementerian ESDM. City Gas ditawarkan kepada kabupaten atau kota di Indonesia, terutama wilayah yang dilalui pipa gas Pertamina,” kata Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Jambi, Evridal Asri, Rabu (18/3/2020).

Sejak 2012, Kota Jambi sudah menerima bantuan sambungan sebanyak tiga kali dengan perincian, 2012 sebanyak 4.000 sambungan, di 2017 mendapat 1.185 sambungan, dan di 2019 mendapat 2.000 sambungan. Dan di 2020 ini akan kembali mendapatkan bantuan, yaitu untuk 4.715 sambungan.

Sambungan City Gas di 2020 untuk Kota Jambi akan disebar di sejumlah kecamatan, seperti Jelutung, Alam Barajo, Kota Baru, Telanaipura dan Kecamatan Danau Sipin. “Ini sifatnya umum, untuk semua golongan, yang jelas sasarannya rumah tangga dan semuanya nanti akan gratis,” kata Evridal.

Pemerintah Kota Jambi hendak mengakomodir semua masyarakat di Kota Jambi, agar mendapatkan sambungan tersebut. Akan tetapi, ada keterbatasan kuota dari Pemerintah Pusat, sehingga dilakukan pemetaan dengan wilayah terdekat dengan pipa gas Pertamina. “Dari lima kecamatan, ada delapan kelurahan yang mendapatkan sambungan, kita membuka jaringan dulu,” kata Evridal.

Penyambungan city gas di 2020 ini akan di mulai pada Mei mendatang. Proses penyambungan akan di mulai dengan sosialisasi. Dan pada Juni sampai dengan Juli 2020, baru akan dilakukan pembangunan dan penyambungan.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan, untuk pengembangan sambungan City Gas, pihaknya sudah berkirim surat ke Pemerintah Pusat. Harapannya, Kota Jambi jumlah sambungan bisa terus ditambah. “Kami terus melakukan pendekatan, karena kabupaten dan kota lain juga mau itu, berebut,” kata Maulana.

Pemkot Jambi sangat berterima kasih kepada Kementerian ESDM, yang memberikan sambungan tersebut. Harapannya, di waktu yang akan datang, kuota sambungan untuk Kota Jambi terus bertambah.

Pemerintah Kota Jambi akan memfasilitasi pembanguan jaringan City Gas, karena manfaat yang positif yang bisa diterima langsung oleh masyarakat. “Ini juga menurunkan beban pengeluaran rumah tangga, bisa menggunakan gas 24 jam tanpa antri beli, dengan jumlah biaya lebih hemat,” kata Maulana. (Ant)

Lihat juga...