Tak Terpengaruh Wabah, Aktivitas Lelang di TPI Pekalongan Masih Normal

PEKALONGAN – Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama wabah virus Corona masih berlangsung normal.

“Aktivitas lelang ikan selama sepekan terakhir ini masih ramai. Bahkan transaksi lelang ikan mampu mencapai Rp800 juta atau setara 65 ton-70 ton,” kata Kepala TPI Kota Pekalongan, Sanusi Mochtar, Sabtu (28/3/2020).

Menurutnya, wabah virus Corona baru atau COVID-19 tidak mempengaruhi produksi ikan tangkapan nelayan. Hanya saja, harga ikan, terutama yang dibutuhkan oleh pemilik rumah makan atau restoran turun sekitar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram. “Misalnya, harga ikan dorang semula mencapai Rp55 ribu per-kilogram kini turun menjadi Rp35 ribu per-kilogram, cumi semula Rp50 ribu per-kilogram turun Rp40 ribu per-kilogram, dan kakap Rp55 ribu per-kilogram turun menjadi Rp45 ribu,” katanya.

Adapun, harga ikan yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti lemuru, layang, dan banyar, rata-rata turun sekitar Rp2 ribu per-kilogram. “Penyebab turunnya harga ikan ini karena para pedagang dari luar daerah seperti Jakarta dan Bandung mengurangi permintaan ikan, seiring dengan mewabahnya virus Corona di daerah tersebut,” katanya.

Muchtar menambahkan, pada Sabtu (28/3/2020) ada tiga kapal fisher, enam kapal arek dan obor, serta truk pembawa ikan dari Juana, Pati, yang siap untuk melelang ikannya di TPI Kota Pekalongan. (Ant)

Lihat juga...