Temanggung Beri Bantuan Tunai Bagi Keluarga PDP Covid-19

Kepala Pelaksana BPBD yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung, Djoko Prasetyono – Foto Ant

TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memberikan bantuan uang tunai Rp100.000 per-hari, kepada keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Desease (COVID-19), yang ada di rumah sakit.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Djoko Prasetyono mengatakan, selain bantuan uang tunai, pelayanan pengobatan untuk PDP Covid-19 diberikan gratis kepada masyarakat. “Uang tunai Rp100.000 diberikan harian oleh petugas pada keluarga pasien,” kata Djoko, yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, bantuan uang tunai tersebut tidak perlu menunggu surat pemberitahuan, atau pengajuan dari keluarga PDP. Namun, begitu keluar keterangan dari rumah sakit langsung berhak menerima bantuan.

Bantuan diberikan kepada warga Kabupaten Temanggung yang dirawat di rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta di Temanggung. Dana bantuan itu teranggarkan Rp84 juta dari dana tak terduga sebesar Rp493 juta, yang disiapkan untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Temanggung.

Djoko berharap, dana tersebut mencukupi. Namun, jika ternyata berdasar perkembangan dirasa kurang, pihaknya dapat mengusulkan penambahan anggaran. Jumlah PDP di Temanggung sebanyak 9 orang, diharapkan tidak bertambah lagi, dan tidak dinyatakan positif COVID-19. (Ant)

Lihat juga...