Tingkatkan Imunitas Tubuh, Berjemur Sinar Matahari

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Selama hampir dua pekan melakukan Work from Home (WFH) berimbas kebosanan bagi sejumlah warga. Sebagian warga memilih melakukan kegiatan di luar rumah bertujuan untuk berjemur sinar matahari.

Joni, salah satu warga di Enggal, Bandar Lampung menyebut memilih berjemur untuk meningkatkan antibodi sekaligus menguatkan daya imunitas.

Joni menyebut tetap melakukan imbauan WFH, tetap berada di rumah dan menghindari kerumunan. Namun demikian berada di dalam rumah selama dua pekan membuatnya bosan. Sebagai tenaga pendidik, waktu hari Minggu digunakan baginya untuk olahraga sembari berjemur.

Memanfaatkan fasilitas outdoor gym, ia bisa berolahraga dengan tetap melakukan physical distancing dengan orang lain.

Kegiatan berjemur matahari selama beberapa menit diakuinya sedang menjadi tren. Sebab selama 15 menit dalam informasi yang diperolehnya sangat bagus untuk mendapatkan vitamin D.

Dalam masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Joni menyebut tetap menjaga kebugaran dengan rutin olahraga sekaligus menjadi kegiatan rekreasi.

“Hari Minggu biasanya saya gunakan untuk berwisata namun sejumlah destinasi wisata ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan imbas Covid-19. Kegiatan olahraga sekaligus berjemur menjadi kegiatan rekreatif mengusir kebosanan selama work from home,” terang Joni saat ditemui Cendan News di taman Gajah, Enggal, Bandar Lampung, Minggu (29/3/2020).

Joni menambahkan kegiatan di luar rumah dengan olahraga tetap menerapkan jaga jarak dengan orang lain. Standar kesehatan dengan membawa hand sanitizer serta mencuci tangan dengan sabun, mandi dilakukan usai melakukan kegiatan olahraga.

Selain dirinya sejumlah warga yang tinggal di sekitar taman gajah memilih berolahraga untuk menjaga kebugaran.

Warga lain bernama Vany menyebut, memilih melakukan kegiatan berjemur, olahraga di stadion olahraga Pahoman. Stadion dengan fasilitas lintasan atletik tersebut menjadi alternatif untuk melakukan rekreasi sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

Vany, salah satu warga Bandar Lampung memilih berjemur sinar matahari dan olahraga jalan santai di stadion Pahoman, Bandar Lampung, Minggu (29/3/2020) – Foto: Henk Widi

Sempat melakukan WFH selama dua pekan ia memastikan kegiatan rekreasi, relaksasi tetap harus dilakukan.

“Fasilitas rekreasi seperti pada sejumlah mall, pusat perbelanjaan sebagian tutup sehingga tempat hiburan berkurang,” cetusnya.

Vany menyebut semula ingin melakukan wisata ke objek wisata Lembah Hijau. Namun karena objek wisata tersebut ditutup sejak 25 Maret hingga 7 April mendatang ia mengurungkan niatnya.

Pandemi Covid-19 diakuinya telah diantisipasi dengan rutin olahraga, berjemur di sinar matahari dan rutin mengonsumsi makanan bergizi. Langkah menghindari kerumunan juga telah dilakukan agar tidak terpapar Corona.

Area terbuka stadion Pahoman menurutnya menjadi pilihan bagi warga. Selama masa pandemi Covid-19 ia menyebut semua fasilitas olahraga tersebut tetap difungsikan.

Namun melalui pengeras suara diimbau warga tetap melakukan protokol kesehatan. Protokol kesehatan diantaranya melakukan physical distancing, membawa hand sanitizer.

“Melalui pengeras suara juga disampaikan pengunjung yang berolahraga dilarang meludah sembarangan,” tuturnya.

Warga memanfaatkan waktu dengan berolahraga pada area taman gajah sembari berjemur, Minggu (29/3/2020) – Foto: Henk Widi

Kegiatan olahraga sekaligus berjemur pada sinar matahari menurutnya dilakukan secara rutin. Sebelum muncul pandemi Covid-19 Vany menyebut rutin melakukan kegiatan olahraga di stadion Pahoman.

Melalui kegiatan olahraga rutin ia bisa mendapat sinar matahari secara penuh meningkatkan kesehatan tubuh.

Berada di lokasi yang luas sekaligus mengurangi kejenuhan dan kegiatan rekreatif selama dua pekan berada di rumah.

Lihat juga...