TNI-SAR Serui Beri Pelatihan Penyelamatan Pramuka

JAYAPURA – Bintara Staf Teritorial Kodim 1709/Yawa Serda Amirudin Majid Way, bersama dengan Tim SAR Serui, melaksanakan pembekalan serta pelatihan Krida Mountainering dan penyelamatan korban tenggelam kepada gabungan anggota Pramuka Penegak dan Penggalang di kota Serui, Kabupaten Yapen Kepulauan.

Gabungan gugus depan Pramuka di antaranya Gudep Baharudin Kaseng Hj. Normawati pangkalan Yayasan Darussalam Serui, Gudep Wijaya Kusuma pangkalan SMP N 2 Serui, Gudep Ahmad Dahlan pangkalan SMP Muhammadiyah Serui dan Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 1709/Yawa.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Spl Eko Daryanto, dalam keterangan tertulis Minggu (1/3), mengatakan, latihan gabungan penyelamatan bagi anggota Pramuka dilakukan prajurit TNI Kodim 1709/Yawa diikuti sekitar 70 orang.

Latihan penyelamatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota Pramuka Penegak dan Penggalang sebagai penerapan aplikasi di lapangan.

Sedangkan tujuan lain latihan penyelamatan ini, sebagai sarana dalam menjalin persaudaraan dan interaksi dengan teman-teman siswa dari sekolah lain.

Sementara itu, Serda Amir menjelaskan kegiatan ini selain sebagai syarat kecakapan khusus dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan di bidang Krida Mountainering dan materi tambahan penyelamatan korban tenggelam.

Lihat juga...