UMP Kampanyekan Pencegahan Penyebaran Corona

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Adanya warga Banyumas yang masuk dalam pengawasan, membuat kalangan akademisi merasa perlu untuk memberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran virus corona. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Kamis (5/3/2020) mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis yang disertai dengan sosialiasasi cuci tangan yang benar serta pembagian masker.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UMP, Dr Jebul Suroso, Kamis (5/3/2020) di UMP, menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang. -Foto: Hermiana E. Effendi

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UMP,  Dr Jebul Suroso. Pada kesempatan tersebut, Jebul Suroso mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Menurutnya, yang terpenting adalah upaya pencegahan yaitu dengan cara menerapkan hidup sehat dan bersih.

“Dalam upaya pencegahan ini, baik masyarakat maupun pemerintah harus jujur. Masyarakat harus jujur mengakui jika ia pernah kontak dengan komunitas yang berpotensi menularkan virus corona. Dan pemerintah juga harus jujur menyampaikan informasi setiap perkembangan kasus ini kepada masyarakat, sehingga tindakan antisipasi dan penanganan tidak sampai terlambat,” terangnya.

Kesungguhan UMP dalam melakukan pencegahan penyebaran corona juga dilakukan dengan melarang dosen-dosennya untuk bepergian keluar negeri. Termasuk yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri, disarankan untuk menunda keberangkatan terlebih dahulu dan tetap berada di tanah air.

Bahkan acara konferensi ilmiah di luar negeri juga diputuskan untuk tidak hadir. Dan salah satu dosen UMP yang sedang melanjutkan studi di China, diminta untuk tidak meneruskan studi terlebih dahulu, sampai dengan virus ini mereda.

Lihat juga...