Wabah Covid-19 Merebak, Solidaritas Masyarakat Lamsel Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG –  Keprihatinan masyarakat akan wabah Corona Virus Disease (Covid-19) memunculkan solidaritas sejumlah pihak.

Hasran Hadi, anggota relawan Patok Lawan Corona menyebut pihaknya membagikan masker kain, penyemprotan disinfektan di wilayah tersebut. Solidaritas yang dilakukan relawan dengan mengumpulkan donasi untuk disalurkan.

Hasran Hadi (kanan) anggota relawan Patok Lawan Corona, Desa Sidoharjo Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, Minggu (29/3/2020) – Foto: Henk Widi

Donasi yang disalurkan menurut Hasran Hadi berbentuk uang, barang untuk pencegahan Covid-19. Pembentukan relawan menurutnya digagas sebagai upaya melakukan pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut.

Donasi berupa uang selanjutnya dibelanjakan untuk cairan disinfektan, masker. Proses penyemprotan disinfektan telah dilakukan selama sepekan terakhir.

Penyemprotan atau disinfeksi menurut Hasran Hadi akan dilakukan secara rutin. Sebab langkah penyemprotan secara berkelanjutan akan menjadi cara pencegahan selain kepatuhan masyarakat mematuhi edaran pemerintah.

Relawan juga akan menyiapkan bilik penyemprotan disinfektan. Peran serta sejumlah pihak diakuinya efektif mencegah Covid-19.

“Langkah kecil para relawan menjadi bentuk solidaritas bagi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 meski dengan langkah sederhana tapi upaya agar wilayah kami tidak terpapar oleh virus tersebut,” terang Hasran Hadi saat dikonfirmasi Cendana News, Minggu (29/3/2020).

Pemberian bantuan masker menurut Hasran Hadi dilakukan relawan pada sejumlah titik. Pihaknya membagikan masker kain pada sejumlah pedagang bahan makanan pokok yang masih berjualan.

Selain itu sejumlah pekerja sektor informal berupa tukang ojek, petugas kebersihan di pasar Patok 70 mendapat pembagian masker.

Selain pembagian masker, relawan patok lawan Corona menurut Hasran Hadi juga menebar selebaran. Selebaran yang dibagikan tersebut berisi langkah pencegahan virus Covid-19.

Langkah yang perlu dilakukan meliputi bekerja dari rumah, hindari kerumunan, meminimalisir kontak sosial. Meski harus terpaksa melakukan aktivitas di luar warga tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sejumlah protokol kesehatan yang dilakukan meliputi pemakaian masker, memakai hand sanitizer,” cetusnya.

Kegiatan relawan menurutnya dilakukan dengan melibatkan unsur Bhabinkamtimbas, Babinsa dan aparatur desa. Sebab imbauan untuk memantau warga yang datang dari luar wilayah dilakukan melibatkan unsur pemerintah desa.

Selain pencatatan, karantina mandiri selama 14 hari dilakukan dengan menghindari aktivitas di luar rumah. Warga juga diminta menunda hajatan dan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan.

Sumarsih, salah satu pedagang di pasar Patok, Desa Sidoharjo menyebut terbantu bantuan masker. Selain masker ia mendapatkan bantuan hand sanitizer. Solidaritas dari sejumlah masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19 juga terus dilakukan.

Sumarsih (kanan) salah satu warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, mendapatkan bantuan masker kain dari relawan Patok Lawan Corona, Minggu (29/3/2020) – Foto: Henk Widi

Sejumlah pedagang yang tetap berjualan menurutnya didominasi oleh pedagang kebutuhan pokok. Sebab tanpa ada pedagang kebutuhan pokok masyarakat akan mengalami kesulitan.

“Sejumlah pedagang tetap melakukan kegiatan berjualan agar masyarakat juga tetap bisa memenuhi kebutuhan dengan menjaga kesehatan,” cetusnya.

Rasa solidaritas masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Corona juga dilakukan pada sejumlah kecamatan. Pada wilayah Kecamatan Bakauheni sejumlah warga mengumpulkan donasi untuk membuat disinfektan.

Bersama unsur Babinsa, Bhabinkamtimbas penyemprotan dilakukan ke rumah warga oleh relawan dan warga.

Pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Penengahan. Pembuatan cairan hand sanitizer dengan menggunakan bahan alami dilakukan oleh PKK Desa Pasuruan.

Penyemprotan disinfektan pada sejumlah tempat di desa tersebut dilakukan oleh aparatur desa dan masyarakat. Langkah tersebut menjadi bagian solidaritas masyarakat cegah Covid-19.

Lihat juga...