Waspadai Penyebaran Corona Taman Burung TMII Galakkan Kebersihan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) membersihkan lingkungan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh areanya sebagai kewaspadaan dan antisipasi dini pencegahan penularan Covid-19.

Manajer Unit Taman Burung dan Taman Reptile Indonesia serta Museum Komodo TMII, M. Piter Kombo, mengatakan, dalam rangka meningkatan kewaspadaan terhadap virus Corona, TMII melalui Taman Burung dan Museum Komodo melakukan beberapa tindakan preventif.

Manajer Unit Taman Burung dan Taman Reptile Indonesia serta Museum Komodo TMII, M. Piter Kombo saat ditemui di area Taman Burung TMII, Jakarta, belum lama ini. Foto: Sri Sugiarti

“Yakni pertama, kami melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area wisata kami. Penyemprotan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19,” kata Kombo kepada Cendana News,  Senin (16/3/2020).

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan selama enam hari dalam dua minggu berturut-turut, sesuai dengan tanggal yang telah dijadwalkan untuk melakukan penyemprotan.

“Yakni, tanggal 16,18, 20, 23, 25 dan 27 Maret 2020. Jadi penyemprotan disinfektan dilakukan selama 6 hari,” ujarnya.

Penyemprotan dilakukan pada pagi hari di seluruh area Taman Burung yang disinggahi atau dilewati oleh pengunjung saat berwisata di wahana rekreasi sarat edukasi ini. Seperti area Kubah Barat dan Kubah Timur, kantor, musala, toilet, dan berbagai rest area.

Penyemprotan pada Senin pagi hingga pukul 10.00 WIB dengan melibatkan karyawan Taman Burung. Sedangkan untuk penyemprotan sore nanti dilakukan oleh pihak manajemen TMII.

“Penyemprotan disinfektan pagi ini dilakukan oleh petugas internal kami, dan nanti sore akan diulang lagi dari manajemen TMII. Penyemprotan ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman untuk pengunjung bisa tetap berkunjung ke TMII,” ungkap Kombo.

Selain itu, kata Kombo, pihaknya juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap pengunjung dengan termometer.

“Jadi sebelum pengunjung membeli tiket, kami lakukan pengecekan suhu tubuh dulu. Saat akan memasuki area Taman Burung, pengunjung juga harus menggunakan hand sanitizer atau sabun antiseptik, yang sudah disiapkan di pintu masuk,” ujarnya.

Apabila menemukan pengunjung yang kedapatan suhu tubuhnya dalam keadaan demam, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan atau klinik TMII, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pengunjung.

Begitu juga untuk petugas kasir dan tikon serta karyawan Taman Burung lainnya juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Jika didapati dari mereka yang tubuhnya deman segera diperiksa lebih lanjut ke poliklinik TMII.

Terpenting lagi, petugas kasir dan tikon juga menggunakan sarung tangan saat melayani pengunjung yang membayar di loket. Ini dilakukan karena petugas kasir bersentuhan langsung dengan uang dan lainnya.

Selain, itu tambah Kombo, pihaknya juga melakukan kegiatan olahraga untuk petugas internal.

“Olahraga ini kegiatan wajib untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan dari seluruh petugas kami, dan juga diberikan multivitamin,” ujarnya.

Dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus Corona, menurutnya, pihaknya telah banyak langkah yang dibahas dan dilakukan, salah satunya penyemprotan disinfektan, pengukuran suhu tubuh, pencucian tangan dengan antiseptik, dan olahraga serta pemberian vitamin bagi karyawan.

“Nah, jadi itu semua langkah kewaspadaan terhadap Covid-19 sudah diterapkan,” ujar Kombo.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Taman Burung, menurutnya, tetap buka mengikuti arahan manajemen TMII secara keseluruhan. Namun ada penyesuaian jam operasional, yakni lebih siang buka pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 15.00 WIB.

Lihat juga...