ASDP Bakauheni Salurkan Bantuan ke Tenaga Medis

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, memberikan bantuan makanan bernutrisi kepada petugas kesehatan, sebagai bentuk dukungan dalam penanganan wabah Covid-19 di Lampung Selatan.

Maryati, Manajer Umum PT ASDP cabang Bakauheni, menyebut pihaknya telah mendistribusikan bantuan berupa makanan dan minuman bernutrisi, vitamin dan masker. Bantuan tersebut menjadi bentuk dukungan tenaga medis di sejumlah pusat layanan kesehatan, di antara di RSUD Dr. Bob Bazaar Kalianda, Puskesmas Penengahan dan Puskesmas Bakauheni.

Bantuan yang diberikan bagi sejumlah tenaga medis berupa masker sebagai alat pelindung diri tersebut diharapkan meringankan beban tenaga medis. Selain itu, penyiapan hand sanitizer untuk kebersihan juga ditempatkan di area pelabuhan.

Maryati menyebut, kegiatan bertajuk Senyum Peduli Tenaga Medis, itu akan dilakukan rutin. Sebab, sejumlah tenaga medis di pusat layanan kesehatan Puskesmas dan rumah sakit berjuang dalam upaya pencegahan Covid-19. Selain kepada tenaga medis, bantuan juga akan dilakukan kepada sejumlah pengemudi dan penumpang.

Maryati, Manajer Umum PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni ,Lampung Selatan saat ditemui di Bakauheni, Selasa (7/4/2020). -Foto: Henk Widi

“Upaya pencegahan virus Corona melalui pelabuhan Bakauheni telah dilakukan berkoordinasi dengan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Kesehatan dan gugus tugas yang didirikan oleh Pemkab Lamsel dengan pendirian posko,” terang Maryati, di pelabuhan Bakauheni, Selasa (7/4/2020).

Kebutuhan masker bagi tenaga medis dan sejumlah pekerja di pelabuhan Bakauheni juga telah disediakan. Penyediaan masker kain, menurut Maryati akan diproduki oleh Ikatan Istri Karyawan (IIKA) ASDP. Produksi masker kain tersebut menjadi bentuk dukungan para istri karyawan dalam upaya pencegahan Covid-19. Sebab, suami yang bekerja di area pelabuhan kerap berhadapan dengan penumpang dari luar daerah.

Selain bantuan masker, menurut Maryati, ASDP juga akan membagikan fasilitas hand sanitizer kepada karyawan yang bekerja di sejumlah titik di pelabuhan Bakauheni. Sebab, titik gangway,pagar gangway yang kerap disentuh oleh penumpang, rentan terpapar virus.

“Meski ada bilik disinfektan, namun perlu ada langkah pencegahan, terutama bagi pekerja dengan memakai masker dan hand sanitizer,” cetusnya.

Pemberian bantuan bagi tenaga medis mendapat respon positif Direktur RSUD Bob Bazar Kalianda, Media Apriliana. Ia menyebut, bantuan bagi tenaga medis menjadi dukungan dalam bekerja. Selama masa tanggap darurat penanganan Covid-19, tenaga medis membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD).

“Ada sejumlah APD yang bisa dipakai berkali-kali, namun ada yang hanya bisa dipakai sekali harus disediakan baru,” cetusnya.

Media Apriliana menyebut ada beberapa jenis APD meliputi topi, masker, google hingga hazmat. Sejumlah APD untuk tenaga medis telah dipesan, namun dalam proses pengiriman.

Ia juga menyebut, kebutuhan masker jenis N95 sangat diperlukan. Selain sejumlah APD yang telah disiapkan, bantuan dari sejumlah pihak untuk mendukung kinerja tenaga medis terus mengalir dari sejumlah pihak, selama masa tanggap darurat Covid-19.

Lihat juga...