Bantuan APD untuk Kaltara Tiba di Tarakan

Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker sebanyak 90 koli dari Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tiba Lanud Anang Busra, Tarakan, Sabtu (4/4/2020) – Foto Ant

TARAKAN – Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker, sebanyak 90 koli dari Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sudah tiba Lanud Anang Busra, Tarakan, Sabtu (4/4/2020).

Bantuan tersebut dibawa dari Lanud Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara. “Sabtu (4/4/2020) Tarakan mendapatkan APD sebanyak 80 koli atau sekitar 4.000 APD dan 10 koli masker atau 20.000 masker,” kata Komandan Lanud Anang Busra, Kolonel Pnb H.K.D Handaka, di Tarakan, Sabtu (4/4/2020).

Selanjutnya dari Handaka diserahkan langsung kepada Komadan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Inf, Eko Antoni Chandra Lestianto, untuk penyimpanan sementara. Penyerahan disaksikan perwakilan Provinsi Kaltara, Rumah Sakit dan Pemerintah Kota Tarakan. “Untuk jadwal hari ini satu Hercules mendistribusikan dari Halim berangkat ke wilayah Kalimantan seperti Palangkaraya, Banjarmasin dan Tarakan, besok akan melanjutkan ke wilayah Sulawesi meliputi Gorontalo, Palu dan Manado,” tambah Handaka.

Komandan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto mengatakan, APD dan masker dititipkan di Kodim hanya sementara. Selanjutnya, menunggu Pemerintah Provinsi untuk melakukan pendistribusian ke kabupaten dan kota yang membutuhkan. “Sementara ini dititipkan, selanjutnya dalam waktu dekat akan didistribusikan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, kepada pemerintah kabupaten dan kota, meskipun secara simbolis sudah diserahterimakan,” kata Chandra.

Saat ini, di Kaltara ada 14 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDD), delapan PDP positif dan satu PDP meninggal dunia. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 331 orang dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 97 orang. (Ant)

Lihat juga...