Baznas Bantu Pedagang Mikro Terdampak Covid-19

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

JAKARTA — Badan Amil Zakat nasional (Baznas) memfasilitasi para mustahik binaan lewat pendirian Gerai Mikro Tanggap Covid-19 di Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Gerai ini adalah wadah bagi para pedagang mikro yang penghasilannya terdampak wabah Corona atau Covid-19.

Kepala Program Baznas Microfinance, Noor Aziz menjelaskan, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 ini merupakan wadah bagi para pedagang mikro yang saat ini terdampak perekonomiannya akibat krisis Covid-19, untuk dapat menawarkan barang dagangan mereka.

Yang dijual oleh para mustahik di gerai mikro saat ini merupakan barang yang dapat meminimalisir penularan Covid-19, seperti masker, hand sanitizer, madu, jamu dan jus buah.

Selain melayani pembelian langsung, gerai mikro ini juga melayani pembelian secara online dengan memberdayakan beberapa mitra untuk mengantar ke wilayah sekitar Matraman, dan ojek online untuk di luar Matraman.

Gerai Mikro Tanggap Covid-19 ini salah satu upaya Baznas menjaga keberlangsungan usaha para pedagang mikro.

“Dimana saat kondisi wabah Covid-19 ini mereka mengalami kesusahan untuk menawarkan dagangannya karena adanya penerapan physical distancing,” kata Noor Aziz, dalam keterangan resminya yang diterima Cendana News, Rabu (8/4/2020).

Sehingga jelas dia, secara prinsip Baznas mendorong dan menginisiasi para mustahik untuk pendirian gerai mikro ini. “Jadi Baznas memfasilitasi agar mustahik bisa tetap survive menjalankan usahanya di tengah krisis Covid-19 ini,” imbuhnya.

Dia menambahkan, tidak hanya sebagai wadah usaha pedagang mikro, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 juga memiliki fungsi pusat informasi dan edukasi terkait Covid-19.

“Para mustahik binaan yang menjalankan gerai mikro juga dibekali pengetahuan mengenai informasi terkait Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, jelas dia lagi, gerai mikro ini juga menyediakan tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan yang diproduksi oleh rumah sabun milik kelompok usaha mitra Matraman untuk mengedukasi para pembeli yang datang cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Menurutnya, tidak hanya produk mustahik binaan, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 kedepannya akan menampung produk pedagang mikro lainnya.

“Ini sebagai sarana untuk saling menguatkan antar pelaku usaha mikro dalam menghadapi krisis wabah Covid-19,” pungkasnya.

Lihat juga...