Bea Cukai Kudus Optimis Target Cukai Rokok Tercapai

Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo menunjukkan pita cukai rokok. -Ant

KUDUS – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus, Jawa Tengah, optimis bisa memenuhi target penerimaan cukai rokok selama 2020 sebesar Rp31,54 triliun, meski saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19.

“Untuk realisasi penerimaan cukai pada triwulan pertama 2020, memang belum mencapai target rata-rata per bulan karena baru terealisasi sebesar 14,30 persen, atau Rp5,14 triliun dari target,” kata Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, di Kudus, Jumat (24/4/2020).

Menurut dia, pendapatan cukai pada triwulan I memang belum memadai, karena perusahaan masih menghabiskan stok pita cukai hasil pemesanan pada tahun sebelumnya, dengan batas penggunaannya awal Februari.

Sedangkan, untuk pemesanan pita cukai hasil tembakau baru pada 2020, realisasinya pada pos penerimaan baru terlihat pada bulan berikutnya, karena pembayarannya mulai tercatat pada periode Mei atau Juni 2020.

Gatot memastikan, saat ini produksi rokok masih tetap terus berjalan, termasuk pemesanan pita cukai rokok juga masih lancar, meski terjadi pandemi Covid-19.

“Untuk mengetahui apakah rokok yang diproduksi terpengaruh Covid-19 atau tidak, bisa dilihat pada April atau Mei 2020, dari sisi permintaan konsumennya,” ujarnya.

Ia optimis, sepanjang tingkat produksi dan permintaan rokok masih seperti sebelum Covid-19, realisasi penerimaan cukai terutama hasil tembakau bakal mencapai target.

Berdasarkan tren permintaan, tambah dia, pada Mei dan Juni bakal mengalami kenaikan permintaan pemesanan pita cukai, termasuk pada akhir tahun. (Ant)

Lihat juga...