Bundesliga Dilanjutkan Awal Mei?

Lorong pintu masuk pemain ke lapangan stadion Borussia-Park di Mönchengladbach pada 10 Maret 2020 jelang derby antara Borussia Moenchengladbach and Cologne yang digelar tanpa penonton pada hari berikutnya di tengah pandemi virus corona – Foto Ant

JAKARTA – Bundesliga Jerman, bisa jadi liga sepak bola domestik di Eropa yang melanjutkan musim 2019/20, setelah tertangguhkan karena pandemi virus corona.

Pemimpin eksekutif (CEO) Bundesliga, Christian Seifert, mengungkapkan, direncanakan sisa sembilan pertandingan musim 2019/20 akan dilanjutkan pada awal Mei. Bahkan bukan tidak mungkin, Bundesliga akan rampung menyelenggarakan sisa pertandingan musim 2019/20 pada akhir Juni atau sebelum liga-liga lain di Eropa bisa digelar kembali.

Hanya saja, aspek paling krusial selain pemain di atas lapangan, sisa pertandingan direncanakan digelar laga tanpa penonton. Bundesliga Jerman, yang dikenal memimpin angka rataan kehadiran penonton di stadion di antara semua liga di Eropa, bakal menjelma menjadi hiburan layar kaca semata.

Dan kebijakan tersebvut kemungkinan bakal diterapkan hingga akhir 2020. “Kita adalah bagian dari budaya penting negara ini, masyarakat sudah tak sabar untuk kembali merasakan kehidupan normal dan itu artinya Bundesliga akan digelar lagi. Oleh karena itu, kita semua harus memainkan peran masing-masing, mendukung langkah pemerintah dan berbicara kepada mereka tentang kapan saat memungkinkan melanjutkan musim,” ungkap Seifert.

Jerman memang tidak kebal dari dampak pandemi virus corona. Dan hingga Rabu (8/4/2020) pagi waktu setempat, lebih dari 107 ribu orang tertular COVID-19. Jumlah tertinggi keempat di Eropa. Namun, sistem jaminan kesehatan negara itu mampu menekan dampak terburuk pandemi, boleh jadi dengan hasil terbaik di dunia.

Rasio kematian karena corona di Jerman bahkan lebih rendah dari Korea Selatan, yang selama ini dijadikan model terbaik penekanan kurva sebaran COVID-19. (Ant)

Lihat juga...