Ganti Uang Data, Unimus Subsidi Mahasiswa Rp150 Ribu

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Menyikapi perkembangan kuliah online yang digelar serta dampak Covid-19, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) memberikan bantuan pulsa untuk pembelian paket data bagi mahasiswa aktif.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Rektor Unimus No 1363/Unimus/EDR/2020 tentang pemotongan uang SPP mahasiswa semester ganjil 2020/2021.

“Melihat perkembangan penyebaran Covid-19, yang belum juga mereda, maka kampus meneruskan kebijakan kuliah online untuk menggantikan perkuliahan tatap muka. Di satu sisi, kita juga memberikan bantuan pulsa untuk pembelian paket data internet, sebesar Rp150 ribu, bagi mahasiswa aktif pada semester gasal 2020/2021, yang dipotong dari pembayaran SPP,” papar Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd di kampus Kedungmundu Semarang, Kamis (2/4/2020).

Dijelaskan, kebijakan tersebut hanya berlaku untuk mahasiswa aktif, sementara bagi mereka yang mempunyai status cuti akademik dan mendapatkan beasiswa, tidak mendapatkan bantuan pulsa. Sementara, bagi mahasiswa kelas karyawan, kebijakan diatur masing-masing oleh pengelola.

“Jumlah mahasiswa aktif pada semester genap ini, ada sebanyak 7.624 mahasiswa dari 28 program studi,” terangnya.

Masrukhi menambahkan kebijakan tersebut melengkapi keputusan lainnya yang sudah terlebih dahulu dilaksanakan, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Unimus.

“Kuliah praktik, termasuk di laboratorium, klinik hingga industri juga dilakukan penjadwalan ulang atau penundaan. Bisa juga diganti dengan penugasan simulasi atau proyek mandiri di bawah bimbingan dosen yang dilakukan secara online,” terangnya.

Pihak kampus juga menunda pelaksanaan seluruh kegiatan mahasiswa, baik di dalam dan di luar kampus, serta terus meningkatkan dan menjaga kebersihan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Termasuk semua karpet di Masjid At Taqwa Unimus, kita buka semua, diangkat dan dibersihkan guna dilakukan sanitasi. Selain itu juga disiapkan sabun anti septik, hingga mukena yang dikenakan juga sekali pakai. Jika sudah dipakai, diletakkan di lantai untuk di cuci. Kita juga mengimbau agar membawa peralatan salat masing-masing,” imbuh Kepala Humas dan Keprotokoleran Unimus, Yunie Armiyati.

Pihaknya berharap dengan berbagai upaya pencegahan tersebut, penyebaran virus Covid-19, bisa ditekan dan berhenti, sehingga segala aktivitas termasuk kegiatan civitas kampus dapat berjalan normal kembali.

Lihat juga...