Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Lampung Menjadi 8 Orang

Data update situasi COVID-19 di Provinsi Lampung, Minggu (12/4/2020) – Foto Ant

BANDARLAMPUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebut, ada penambahan satu pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh di daerah tersebut. Sehingga total orang yang sudah sembuh dari virus vorona di wilayah itu menjadi delapan orang.

“Kita memiliki kabar baik, satu pasien yang terinfeksi virus ini yakni nomor sembilan, asal Bandarlampung, sudah dinyatakan sembuh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Minggu (12/4/2020).

Sampai 12 April 2020, kasus positif di Lampung masih ada sebanyak 21 orang. Yang dinyatakan sudah sembuh delapan orang, delapan lainnya masih dirawat dan lima diantaranya meninggal dunia. “Jadi yang sudah sembuh yakni pasien nomor 1,3,4,5,6,7,8 dan 9,” rincinya.

Sedangkan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 2.349 orang. Yang sudah selesai dipantau selama 14 hari sebanyak 1.279 orang, dan sisanya yakni 1.070 masih dalam pemantauan. “Saya harap jumlah kasus COVID-19 di Lampung tidak bertambah lagi, mari kita berdoa bersama-sama agar virus ini cepat teratasi di Indonesia,” tandasnya.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Lampung ada sebanyak 50 orang, dengan rincian 25 orang masih dilakukan perawatan, 22 lainnya terkonfirmasi negatif dan tiga meninggal dunia.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyebut, saat ini ada satu lagi pasien positif terinfeksi virus corona yang dinyatakan sembuh. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

“Terdapat satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dari Desa Pelem, Kecamatan Pare yang selama ini dirawat intensif di RSKK, telah sembuh dan diperbolehkan pulang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri, dr Ahmad Chotib di Kediri, Minggu (12/4/2020) secara terpisah.

Hasil pemeriksaan laboratorium TDCC Surabaya, hasil swab yang dilakukan pada pasien tersebut terkonfirmasi negatif. Kesehatannya juga sudah membaik, sehingga tim medis mengizinkan yang bersangkutan untuk pulang. Selain pasien tersebut, sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dr Bambang Triono Putro, yang sempat dinyatakan positif corona juga sudah dinyatakan sembuh. Terdapat pula pasien lain yang dirawat di RS Kabupaten Kediri juga sudah dinyatakan sembuh.

Saat ini jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona di kabupaten Kediri ada 11 orang. “Update data perkembangan COVID-19 Kabupaten Kediri per 12 April 2020, terdapat satu tambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19, yaitu warga Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngadiluwih yang sekarang isolasi mandiri di Kota Surabaya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan kasus tambahan ini merupakan kontak erat dari pasien positif COVID-19 di Desa Ngadiluwih, yang telah meninggal dunia. Dengan temuan kasus itu, hingga kini ada 11 kasus warga Kabupaten Kediri yang positif terinfeksi virus corona. Sementara itu, terdapat satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Yaitu warga dari Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Hasil tes swab terhadap PDP tersebut terkonfirmasi negatif. “Pasien tersebut selama ini dirawat di RSKK,” kata dia.

Di Kabupaten Kediri, data per Minggu (12/4/2020), untuk pasien yang positif corona 11 orang dimana empat orang sudah meninggal dunia, lima orang dirawat dan dua lainnya dinyatakan sembuh, PDP 27 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 370 orang.(Ant)

Lihat juga...