Kluban, Menu Sehat di Musim Corona

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Urap atau orang Banyumas biasa menyebut kluban, merupakan makanan sehat yang banyak disarankan untuk dikonsumsi di tengah penyebaran virus corona sekarang ini.

Hidangan yang terdiri dari berbagai macam sayuran ini banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

“Urap itu perpaduan aneka sayuran yang mengandung zat besi, serat, vitamin A karena ada wortel, ada juga vitamin E karena ada kecambah dan lain-lain, jadi sehat untuk dikonsumsi,” kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Tri Wuryaningsih, Sabtu (4/4/2020).

Tri Wuryaningsih, Sabtu (4/4/2020) di rumahnya, Purwosari, Purwokerto. Foto: Hermiana E. Effendi

Dan untuk memasak urap ini, Tri Wur, demikian sapaan akrabnya, memberikan tips, agar sayuran tidak dimasak terlalu matang, supaya tidak merusak kandungan vitamin di dalamnya.

Parutan kelapa yang dicampurkan dengan irisan sayuran menjadi kunci kelezatan hidangan ini. Karenanya, disarankan untuk memilih kelapa yang tidak terlalu tua.

Sedang untuk bumbu campuran parutan kelapa terdiri dari cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi dan diberi garam  secukupnya.

“Semua bumbu tersebut diuleg sampai halus, kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa dan dikukus sampai matang. Ada juga yang suka bumbunya ditumis, kemudian parutan kelapa dimasukkan diberi air sedikit,” tutur aktivis gender yang juga jago masak ini.

Untuk sayuran kluban, bisa terdiri dari berbagai macam, seperti selada, kacang panjang, wortel, kecambah dan lain-lain. Untuk kecambah, Tri Wur menyarankan supaya jangan dimasak, tetapi cukup disiram dengan air panas saja, untuk menjaga kandungan vitaminnya supaya tidak rusak.

Dalam situasi seperti sekarang ini, dimana kegiatan kampus diliburkan dan para dosen Work From Home (WFH), Tri Wur yang juga Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Penanganan dan Perlindungan Korban Kekerasan Berbasis Gender dan Anak (PPT PKBGA) Kabupaten Banyumas, menjadi mempunyai banyak waktu untuk menyalurkan hobi memasak.

“Memasak itu tidak harus selalu yang susah-susah, menu tradisional yang sederhana namun sehat, itu yang penting untuk dikonsumsi keluarga,” katanya.

Salah satu teman Tri Wur yang sedang berkunjung, Aan Rohaeni mengatakan, kluban masakan Bu Tri Wur tidak ada tandingannya. Bumbunya sangat khas dan cetar.

“Legit banget bumbu klubannya dan sayurannya matangnya pas, sehingga benar-benar menjadi hidangan sehat,” tuturnya.

Lihat juga...