Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit Manfaatkan Internet untuk Komunikasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Di tengah sulitnya kondisi akibat wabah virus Korona seperti saat ini, sejumlah Koperasi binaan Yayasan Damandiri yang ada di Desa Cerdas Mandiri Lestari ternyata tetap menjalankan berbagai program maupun unit usaha sebagaimana biasanya.

Meski begitu untuk mencegah penyebaran dan meluasnya penularan virus yang biasa disebut Covid-19 tersebut, sejumlah pengurus koperasi memiliki kiat dan cara-cara tersendiri. Salah satunya adalah dengan memanfaatan teknologi berbasis online guna memudahkan komunikasi.

Seperti dilakukan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit yang ada di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul. Sejak virus Korona merebak, pengurus yang didominasi para pemuda-pemudi desa ini melakukan komunikasi dan koordinasi secara online.

“Sejak beberapa waktu terakhir ini kita sudah mulai memakai sistem kerja work from home. Yakni dengan memanfaatkan internet. Namun untuk hal-hal yang mendesak kita tetap masuk. Ini dilakukan sesuai anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar dan tetap berada di rumah,” ujar Manajer Usaha Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Emi Malina, Kamis (9/4/2020).

Manajer Usaha Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Emi Malina, saat dijumpai Kamis (9/4/2020). – Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang, pihak koperasi SHS Mandiri Krambilsawit juga memberlakukan physical distancing setiap kali menggelar pertemuan fisik baik antar pengurus, kelompok maupun nasabah unit usaha pinjaman Modal Kita. Termasuk penyediaan hand sanitizer dan sabun untuk keperluan cuci tangan.

“Dengan cara ini komunikasi dengan kelompok tetap bisa berjalan dengan baik sebagaimana biasanya. Karena memang kemarin kita cukup kesulitan untuk bisa masuk ke dusun-dusun dan bertemu langsung dengan pengurus tingkat kelompok, akibat pembatasan akses keluar masuk dusun. Mengingat Gunungkidul ini merupakan wilayah dengan jumlah ODP terbesar di DIY,” katanya.

Lihat juga...