Melihat Planet Bisa Jadi Alternatif Kegiatan Keluarga

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Konjungsi April masih akan menampilkan Merkurius, Mars, Jupiter dan Saturnus, yang masih bisa dinikmati setiap pagi sebelum Matahari terbit, meski Merkurius sudah mulai sulit diamati karena makin rendah di ufuk timur. Hal ini bisa menjadi alternatif kegiatan untuk keluarga, sekaligus menambah ilmu pengetahuan. 

Founder Langit Selatan, Avivah, menyatakan pada pertengahan April, Merkurius yang bergerak dari Aquarius ke Cetus dan akhirnya ke Aries, mulai sulit teramati karena posisinya yang rendah di ufuk timur jelang Matahari terbit.

Mars, Jupiter, dan Saturnus bisa diamati sepanjang April mulai lewat tengah malam sampai fajar menyingsing. Jupiter akan terbit terlebih dahulu, disusul Saturnus dan Mars. Pada awal April, Mars dan Saturnus tampak berpasangan.

Staf Astronomi Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) Mohammad Rayhan, saat dihubungi, Selasa (7/4/2020). –Foto: Ranny Supusepa

“Setelah itu, Saturnus terus menanjak naik di langit malam setiap harinya meninggalkan Mars. Pada pertengahan April, Jupiter akan berpapasan dengan Bulan, disusul Mars dengan Bulan keesokan harinya,” katanya saat dihubungi, Selasa (7/4/2020).

Ia juga menyatakan, bahwa selama bulan April, planet Mars dan Saturnus bisa diamati di rasi Capricornus, sedangkan Jupiter di rasi Sagittarius.

“Untuk Venus, bisa diamati setiap malam setelah Matahari terbenam selama bulan April. Planet Venus akan tampak cemerlang di barat dan bisa diamati di rasi Taurus. Venus juga akan berpapasan dengan Bulan di penghujung bulan April,” ujarnya.

Sementara, Uranus dan Neptunus terlalu redup untuk diamati dengan mata tanpa alat. “Siapkan teleskop jika ingin melihat kedua planet es tersebut,” tandasnya.

Sampai pertengahan bulan April, Uranus bisa diamati setelah Matahari terbenam sampai kisaran pukul 18:30 WIB. “Planet es ini terus turun mengejar Matahari, sehingga sulit diamati karena terlalu rendah di ufuk barat, dan akhirnya tak bisa diamati di penghujung bulan April saat planet ini berkonjungsi dengan Matahari. Neptunus bisa diamati di rasi Aquarius selama April sebelum fajar menyingsing,” paparnya.

Staf Astronomi Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ), Mohammad Rayhan, menyatakan ada empat peristiwa konjungsi pada bulan April.

“Kemarin, tanggal 1 ada Konjungsi Saturnus Mars, tanggal 3 ada Konjungsi Venus dan Pleiades. Nanti tanggal 15, Jupiter dengan Bulan dan pada tanggal 16 ada Bulan dengan Mars,” katanya saat dihubungi terpisah.

Rayhan menyatakan, dengan berkurangnya aktivitas masyarakat saat ini dan didukung oleh cuaca cerah, para pecinta langit akan dapat menyaksikan empat konjungsi ini dengan nyaman.

“Selain itu, ini bisa menjadi alternatif kegiatan keluarga. Bisa memberikan ilmu kepada anak-anak dengan cara melihat secara langsung. Mungkin saja mereka jadi lebih menyukai fenomena langit,” pungkasnya.

Lihat juga...