Operasional Dapur Umum Tagana Lamsel Diperpanjang

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Operasional Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan diperpanjang dari waktu yang telah ditetapkan. Sebelumnya operasional direncanakan 31 Maret dan berakhir pada 10 April.

Hasran Hadi, Sekretaris Tagana Lamsel menyebutkan, masa tanggap darurat Coronavirus Disease (Covid-19) membuat fasilitas itu tetap berjalan. Perpanjangan waktu merupakan bagian pelayanan Tagana Lamsel.

Ia menyebut dumlap tetap beroperasi mengacu pada surat edaran bupati Lamsel Nomor: 060/1502/2020 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai terkait pencegahan dan penyebaran Covid-19. Sebab sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) menjalankan piket di kantor dan sebagian melakukan tugas kedinasan di rumah (work from home).

Selama masa tanggap darurat penanganan Covid-19, Hasran Hadi menyebut dumlap menyediakan konsumsi bagi ASN yang piket. Perpanjangan operasional hingga 18 April mendatang sekaligus menambah jumlah konsumsi yang disiapkan.

“Semula konsumsi dalam bentuk nasi bungkus berjumlah sekitar 700 bungkus. Pada masa perpanjangan operasional Dumlap disediakan 850 nasi bungkus,” terang Hasran Hadi saat dikonfirmasi Cendana News, Kamis (9/4/2020).

Sebanyak 18 personel bertugas sejak pagi dengan berbagai pembagian tugas. Perpanjangan operasional membuat tim harus berkreasi. Sebab sejumlah menu yang disiapkan harus bervariasi saat disajikan. Menu yang disiapkan meliputi nasi, lauk ikan sarden, mi goreng, telur, serta sejumlah sayuran.

Lokasi dapur umum yang berada di rumah dinas bupati Lamsel menurutnya cukup strategis. Proses memasak menu nasi bungkus dilakukan sejak pagi untuk didistribusikan pada sejumlah instansi.

“Setiap instansi telah mengirimkan data jumlah ASN yang piket lalu akan ada petugas yang mengambil atau mengantar,” cetusnya.

Selama masa tanggap darurat Covid-19 protokol kesehatan tetap diterapkan. Penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun dilakukan oleh personil Tagana Lamsel yang sedang bertugas memasak di dapur umum.

Animan, personel Tagana Lamsel yang ditunjuk sebagai koordinator masak menyebut petugas tidak pernah libur. Pembagian tugas menjadi pelayanan agar pada masa darurat Covid-19 ASN yang bertugas tetap bisa mendapatkan konsumsi. Imbas masa darurat Covid-19 sejumlah restoran, rumah makan tidak beroperasi. Dumlap yang beroperasi menjadi salah satu cara membantu ASN yang tetap berdinas.

Lihat juga...