Pantai Kunyit Alternatif Destinasi untuk Berendam Sehatkan Tubuh

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Merebaknya Corona Virus (Covid-19) tidak lantas menghalangi masyarakat untuk berlibur.

Pantai Kunyit di Teluk Betung, Bandar Lampung jadi pilihan warga untuk mencari khasiat kesehatan dengan mandi air laut dan rekreasi.

Inah, warga Kelurahan Bumi Waras, Teluk Betung, Bandar Lampung menyebut, setiap akhir pekan ia mengajak keluarganya berenang, berendam di pantai tersebut.

Inah, warga Kelurahan Bumi Waras, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung memanfaatkan hari libur untuk berendam air laut di pantai Kunyit, Teluk Betung yang diyakini memiliki khasiat kesehatan, Minggu (5/4/2020) – Foto: Henk Widi

Berendam di air laut menurut Inah memiliki khasiat untuk kesehatan. Sebelum virus Covid-19 muncul di Indonesia, pantai Kunyit kerap dikunjungi ribuan orang setiap akhir pekan terutama hari Minggu.

Namun sejak tiga pekan pantai tersebut lebih sepi dari pengunjung yang hendak berenang. Sebagian warga yang berkunjung dominan berasal dari wilayah dekat pantai sembari berolahraga.

Inah menyebut sebelum mandi air laut ia melakukan olahraga jalan kaki sejauh satu kilometer. Usai olahraga kegiatan berendam sembari menikmati suasana pantai Kunyit jadi pilihan baginya.

Sembari berendam ia bisa melihat pemandangan Teluk Lampung yang menjadi tempat sandar sejumlah kapal. Pemandangan perbukitan kota Bandar Lampung memanjakan mata.

“Selain rekreasi di pantai tujuan utama mengunjungi pantai Kunyit untuk berendam yang khasiatnya penting bagi tubuh seperti melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot jantung serta manfaat peningkatan daya tahan tubuh,” terang Inah saat ditemui Cendana News, Minggu (5/4/2020).

Inah menyebut sebagai wanita manfaat air laut diyakini bisa meregenerasi kulit. Saat wabah Covid-19 melanda, ia dan masyarakat di wilayah Teluk Betung memilih mandi di air laut untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah merah usai berenang.

Air laut bahkan dipercaya menjadi obat  sistem kekebalan tubuh yang lemah, anemia hingga kadar gula darah yang tinggi (diabetes).

Wisata ke pantai Kunyit disebut Inah merupakan kegiatan rekreasi yang murah meriah. Sebab sebagai pantai yang merupakan aset Pemerintah Kota Bandar Lampung, sangat strategis.

Berada di Jalan Yos Sudarso, pantai itu bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik motor. Cukup membayar biaya parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000 warga bisa menikmati rekreasi bersama keluarga .

“Meski melakukan rekreasi namun kami tetap jaga jarak dengan orang yang tidak dikenal, lagi pula tujuan ke pantai justru untuk mendapat khasiat kesehatan dari air laut,” cetusnya.

Suasana pagi yang masih memiliki udara segar diakuinya sangat baik untuk kesehatan. Kondisi gelombang yang tenang, air laut yang bersih menurut Inah sangat cocok digunakan untuk berendam.

Bagi anak-anak yang ikut berenang ia sengaja membawa pelampung. Sebab pantai Kunyit memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 6 meter sehingga pelampung sangat diperlukan.

Sejumlah warga Teluk Betung mengajak serta keluarganya berendam di pantai Kunyit, Bandar Lampung untuk kesehatan dan rekreasi, Minggu (5/4/2020) – Foto: Henk Widi

Eko Suardi, salah satu pemuda asal Keteguhan, Bandar Lampung menyebut meski ada larangan berkerumun, warga tetap berekreasi di pantai Kunyit.

Ia mengungkapkan tujuan rekreasi dilakukan olehnya dan warga lain setelah dua pekan lebih bekerja dari rumah (work from home) dan belajar di rumah. Menghilangkan kebosanan dengan menghirup udara pantai, berendam air laut menurutnya sangat berguna untuk kesehatan.

“Kami melakukan relaksasi otot dan refresh otak dengan pemandangan alam yang indah dan memanfaatkan khasiat air laut,” cetusnya.

Eko Suardi menyebut meski tetap ramai, pantai Kunyit dalam beberapa pekan lebih sepi. Sebab sebagian warga mematuhi imbauan untuk tetap di rumah dan tidak bepergian.

Bagi sebagian warga mengunjungi pantai Kunyit justru bertujuan untuk mendapat kesehatan. Selama ini air laut diyakini menyembuhkan rematik, usai kegiatan olahraga mandi air laut bahkan diyakini menyehatkan tulang.

Khasiat berwisata di pantai menurut Eko Suardi sangat tepat untuk kesembuhan masalah pernapasan. Sebab dengan rekreasi ke pantai dengan udara yang bersih dan berenang bisa melancarkan pernapasan.

Garam yang terkandung dalam udara pantai dan air garam disebutnya membantu menghilangkan racun dan unsur lain yang menyerang paru-paru.

Hasan, salah satu penjaga parkir di pantai Kunyit mengaku meski tetap ramai, jumlah kunjungan menurun. Pada hari libur ia menyebut bisa memarkir sekitar 300 motor dan sekitar 100 mobil.

Namun imbas Covid-19 warga yang enggan bepergian, berkerumun berimbas kunjungan ke pantai sepi. Sebagian warga yang berkunjung diakuinya berkurang sehingga juga mengurangi omzet.

“Wajar sih karena memang sejumlah objek wisata sedang ditutup, kalau pantai Kunyit memang pantai terbuka untuk umum jadi semua boleh datang,” bebernya.

Khasiat air laut yang bersih dan berguna untuk kesehatan jadi alasan warga untuk datang ke pantai Kunyit. Suasana pagi di pantai tersebut yang ramai dikunjungi warga juga dimanfaatkan warga untuk berjualan.

Sejumlah pedagang ikan laut segar dan sayuran terlihat memanfaatkan berjualan di lokasi tersebut. Usai berendam sebagian warga memilih berbelanja ikan dan sayuran.

Lihat juga...