Pemakaman Korban Covid-19 di Kalsel Tanpa Penolakan

Suasana pemakaman korban Covid-19 di Kalimanten Selatan yang dilakukan secara standar medis – Foto Ant

BANJARMASIN – Pemakaman jenazah positif terinfeksi COVID-19 di Desa Matang Batas, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalsel, berjalan lancar, dilakukan dengan lancar dan tanpa penolakan warga setempat.

Danramil Binuang, Kapten Inf Asep Abi Abdillah mengatakan, pemakaman jenazah tersebut dilaksanakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Matang Batas. “Semua berjalan dengan kondusif, jenazah setelah datang dari Banjarmasin dengan pengawalan dari Polres Tapin, langsung menuju ke tempat pemakaman,” ujar Asep di Tapin, Kamis (9/4/2020).

Sebelumnya, rencana pemakaman dilakukan di belakang rumah almarhum. Namun, setelah dilakukan musyawarah, kemudian diputuskan dimakamkan di TPU desa tersebut. “Pemakaman sendiri dilakukan oleh tim gugus depan COVID-19, tenaga kesehatan dibantu oleh empat warga dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) standar kesehatan,” ujarnya.

Pemakaman dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Warga hanya boleh melihat dengan jarak sekitar 200 hingga 300 meter dari lokasi pemakaman. “Pemakaman dilaksanakan pada Kamis (9/4/2020) sore, sekitar pukul 15.00 Wita,” tuturnya.

Pasien positif terinfeksi corona asal Tapin itu menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (9/4/2020), sekitar pukul 01.00 Wita. Pasien sempat dirawat selama satu malam di ruang isolasi RSUD Datu Sanggul Rantau setelah berstatus PDP. Kemudian dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin serta mendapat perawatan intensif selama empat hari. Korban meninggal dunia positif COVID-19 saat hendak dimakamkan. (Ant)

Lihat juga...