Pemkab Belitung Susun Skema Bansos Dampak Covid-19

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya – Foto Ant

BELITUNG – Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyusun skema Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat terdampak virus corona baru atau COVID-19 di daerahnya.

“Saat ini sedang kami susun dan secepatnya akan segera selesai. Kami harus melihat kriterianya dulu,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya, di Tanjung Pandan, Sabtu (4/4/2020).

Menurutnya, penyusunan kriteria tesebut dilakukan agar proses penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran. Sehingga benar-benar diterima oleh mereka yang terdampak oleh COVID-19. Beberapa sektor yang disebutnya terdampak oleh merebaknya COVID-19 seperti pelaku UMKM, pengemudi ojek daring dan pangkalan, tenaga kerja yang sementara waktu dirumahkan, nelayan dan beberapa sektor pekerjaan lainnya.

“Makanya kita lihat dulu termasuk di sektor pariwisata ada yang mempekerjakan tenaga supir dan pemandu wisata, makanya akan kita lihat sejauh mana kita diskusikan jangan sampai nanti salah,” tandasnya.

Hendra, yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas COVID-19 Belitung menyebut, saat ini anggaran yang telah disiapkan untuk penanganan COVID-19 mencapai Rp6,1 miliar. Anggaran tersebut berasal dari pergeseran di alokasi anggaran di sejumlah Organisai Perangkat Daerah (OPD). “Sumber dananya APBD tetapi kita upayakan dana dari pergeseran dulu kalau tidak cukup pergeseran kita anggarkan di ABT dan lain sebagainya nanti,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...