Pemkot Padang Terapkan Belajar Lewat Siaran Radio

Editor: Koko Triarko

PADANG – Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, menerapkan sistem belajar di rumah kepada siswa SD, SMP, SMA, dan mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi, melalui siaran Radio Republik Indonesia (RRI) Padang. Dalam satu hari, ada tiga kali siaran pelajaran yang diikuti oleh SD, SMP, SMA, dan mahasiswa Perguruan Tinggi. 

Kepala Stasiun RRI Padang, Lahar Rudiyarso, mengatakan untuk melakukan siaran belajar melalui radio ini, RRI telah melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Padang dan Sumatra Barat, Universitas Negeri Padang, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

“Bahan pelajarannya disampaikan oleh guru-guru yang didatangkan langsung ke RRI, untuk mengajar melalui siaran RRI Padang. Sekaligus ditayangkan melalui kanal youtube RRI Padang,” katanya, Kamis (2/4/2020).

Ia mengaku, bahwa dari informasi warga, banyak orang tua yang masih kebingungan menyikapi belajar dari rumah, menggantikan peran guru di rumah ternyata tak mudah. Kini dengan adanya radio, bisa didengar di rumah, yang disampaikan langsung oleh para guru yang didatangkan ke studio RRI.

“Tentunya sangat membantu, jadi ada nuansa zaman dulu. Dengar radio sambil belajar,” ujarnya.

Lahar menjelaskan, siaran belajar dari rumah dilaksanakan Senin-Jumat. Tiga kali dalam satu hari, untuk SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Sistem yang diterapkan, yakni bergiliran. Untuk SMP dan SMA pukul 10.00-11.00 WIB, Perguruan Tinggi pukul 11.30 – 12.30 WIB, SD pukul 15.00-16.00 WIB.

Dikatakannya, kegiatan siaran belajar dari rumah di RRI Padang telah dilaksanakan sejak akhir Maret lalu. Selain siaran belajar, dalam menyikapi wabah Corona ini, RRI Padang juga mengambil sikap untuk menyuguhkan informasi dan tips menjaga kesehatan, serta langkah-langkah lain, guna memperkecil dampak Corona.

Juga menyiarkan gerakan-gerakan masyarakat dalam mengambil peran untuk penanggulangan Corona. Tujuannya agar publik tidak melulu cemas dengan berita tentang angka-angka, namun cerdas menyikapi bencana nonalam ini.

Menanggapi hal ini, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, mengatakan, memang dibutuhkan peran media dalam situasi Covid-19 ini. Begitu juga untuk RRI yang telah membantu kebijakan pemerintah, dalam penanganan wabah Covid-19.

“Kalau seperti ini, siswa tetap belajar. Orang tua tinggal putar radio atau nonton youtube RRI mendampingi siswanya belajar. Apalagi, bisa interaktif untuk tanya jawab. Selain itu, orang tua akan lebih fokus ke pendidikan anaknya, daripada cemas terus-terusan ngikutin berita wabah ini,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, menyebutkan, mahasiswa juga didorong belajar dengan sistem dengar radio itu. Untuk itu, ia sangat setuju dengan langkah yang diambil oleh RRI.

Menurutnya, dengan adanya hal ini, mahasiswa pun tetap bisa mendapat arahan dari dosen melalui radio dan kanal youtube. Apalagi, UNP sudah memberikan akses gratis internet ke seluruh mahasiswa melalui wifi.id.

“Saya mengimbau gunakan ini untuk belajar dengan mengakses kanal RRI di youtube,” harapnya.

Lihat juga...