Permintaan Kelapa Muda di Bandar Lampung, Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Berbagai manfaat kelapa muda pada bagian air, daging buah membuat permintaan meningkat.

Udin, pedagang kelapa muda di Jalan Yos Sudarso, Teluk Betung, Bandar Lampung menyebut cuaca yang panas mendorong masyarakat menjadikan kelapa muda sebagai alternatif selain minum air putih. Jenis kelapa hijau yang dijual kerap diminta dengan campuran jeruk peras yang memiliki kandungan vitamin C.

Selama masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Udin menyebut pembeli kelapa muda bertambah. Sebab air kelapa muda dipercaya bisa menghilangkan racun atau toksin dalam tubuh termasuk virus.

Dipercaya memiliki kandungan elektrolit yang tinggi menjadikan air kelapa muda banyak diminati untuk mencegah dehidrasi terutama saat cuaca panas.

Udin yang sudah berjualan sejak delapan tahun silam menyebut kelapa muda yang dijual olehnya cukup khas. Sebab pembeli bisa memilih rasa original tanpa campuran, rasa gula merah, rasa jeruk peras.

Sensasi menikmati air kelapa, daging kelapa muda dengan gula merah dan perasan jeruk semakin terasa dinikmati dalam kondisi cuaca panas. Terlebih di wilayah pesisir Teluk Betung yang berhadapan dengan perairan Teluk Lampung yang panas.

“Permintaan kelapa muda yang saya jual bisa dalam bentuk utuh tanpa dikupas atau sudah diserut dengan campuran air gula dan perasan jeruk untuk dibawa pulang ke rumah bisa dinikmati bersama keluarga,” terang Udin saat ditemui Cendana News tengah melayani pelanggan, Sabtu (4/4/2020).

Selama masa pandemi Covid-19 Udin menyebut permintaan kelapa muda untuk dibawa pulang meningkat. Sebagai cara memenuhi permintaan konsumen yang akan membawa pulang kelapa muda ia telah menampungnya dalam baskom khusus.

Satu porsi kelapa muda lengkap dengan air yang manis tanpa campuran dijual Rp10.000. Memakai campuran gula merah dan jeruk peras dijual Rp13.000.

Penjualan kelapa muda menurutnya sekaligus persiapan jelang bulan puasa atau Ramadan. Pada tahun ini awal puasa yang akan mulai pada 24 April mendatang ia telah memesan kelapa muda kepada sejumlah petani.

Namun adanya larangan berkerumun, bepergian dan menjaga jarak untuk kesehatan ia memastikan permintaan akan menurun. Berkurangnya warga bepergian sekaligus membuat penjualan menurun.

“Saat ini permintaan masih meningkat karena banyak warga yang membeli untuk dibawa pulang lebih dari dua porsi per orang,” cetusnya.

Pedagang kelapa muda lain bernama Safandi di Jalan Cut Nyak Dien, Tanjung Karang Pusat menyebut mengalami peningkatan penjualan.

Safandi, pedagang kelapa muda di Jalan Cut Nyak Dien Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung menerima permintaan kelapa muda yang meningkat selama masa Work From Home, Sabtu (4/4/2020) – Foto: Henk Widi

Air kelapa muda yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan diminati untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebagian warga yang dominan melakukan kegiatan bekerja dari rumah (work from home) memilih membeli untuk dibawa pulang.

“Biasanya banyak yang membeli untuk dinikmati pada warung, namun sekarang banyak dibawa pulang untuk hindari kerumunan,” cetusnya.

Sebagian pembeli menurutnya merupakan warga yang usai melakukan olahraga. Sebab selama masa pandemi Covid-19 anjuran melakukan kegiatan olahraga menjadi cara menjaga kebugaran tubuh.

Menikmati air kelapa muda menjadi cara untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh. Dijual dengan harga per butir Rp8.000 dalam kondisi segar ia juga menjual kelapa muda yang direbus dengan rempah seharga Rp20.000 per butir.

Christina, salah satu penyuka kelapa muda mengaku menyukai minuman tersebut untuk kesehatan. Penyuka olahraga lari tersebut mengungkapkan air kelapa muda tepat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Christina, salah satu warga Teluk Betung, Bandar Lampung menikmati kelapa muda dengan perasan jeruk, Sabtu (4/4/2020) – Foto: Henk Widi

Kelapa muda yang disajikan lengkap dengan daging buah, air dan campuran jeruk peras memiliki rasa yang segar.

Tanpa campuran pemanis buatan kesegaran kelapa muda masih bisa dirasakan olehnya. Menikmati kelapa muda menurutnya sangat tepat dilakukan usai olahraga.

Sebab cairan tubuh yang hilang melalui keringat akan tergantikan oleh elektrolit dalam air kelapa muda. Selain menyehatkan menikmati kelapa muda menjadi penurun berat badan dan menurunkan tekanan darah.

Lihat juga...