Pertamina Berdayakan UMKM Suplai 3000 Paket Nutrisi

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Penyebaran virus covid-19  semakin berimbas pada sektor ekonomi, termasuk bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jumlah pembeli yang terus merosot, berakibat omzet usaha UMKM pun ikut turun.

Hal tersebut mendorong Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng-DIY, yang saat ini tengah membina sebanyak 969 UMKM, yang tergabung dalam Program Kemitraan Pertamina, berupaya untuk meningkatkan pendapatan UMKM binaan dengan memadukan antara pembelian produk, dan bantuan penanggulangan Covid-19.

“Kami memberikan stimulus kepada para UMKM yang dibina, dengan cara membeli produk mereka untuk dijadikan bantuan nutrisi tambahan, kepada para tenaga medis yang saat ini berjuang menanggulangi pasien Covid-19, khususnya di kota Semarang,” papar Unit Manager Comm & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti di Semarang, Kamis (2/4/2020).

Unit Manager Comm & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti melalui program CSV, pihkanya memberikan stimulus kepada para UMKM binaan, dengan cara membeli produk mereka untuk dijadikan bantuan nutrisi tambahan, saat ditemui di Semarang, Kamis (2/4/2020). -Foto Arixc Ardana

Dijelaskan, mitra binaan UMKM seperti warung nasi dan catering atau yang bergerak di bidang konveksi menjadi pilihan utama Pertamina, untuk dikerjasamakan dalam bantuan tersebut.

Program yang dilaksanakan melalui konsep Creating Shared Value (CSV) tersebut, pihaknya menyuplai 3.000 paket nutrisi bagi tenaga medis yang bekerja di empat rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Semarang. Keempatnya yakni RSUD KRMT Wongsonegoro, RSUD Tugurejo, RSU Wiliam Both dan RSU Telogorejo Semarang.

“Sementaram paket nutrisi yang kita bagikan, berupa 2.800 paket makanan siap saji dan 200 botol madu. Program ini akan berlangsung selama dua minggu ke depan, dimulai hari Kamis (2/4/2020) ini,” tandas Anna.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membantu sebanyak 4.000 masker kain yang telah disterilkan, untuk dibagikan kepada para pasien atau pun keluarga yang mendampingi di lokasi rumah sakit yang sama.

“Ini menjadi awal bagi kami untuk membantu UMKM yang kami bina, dalam kondisi pandemi Covid-19, semoga kedepannya banyak UMKM yang bisa kami berdayakan baik untuk memasok bantuan CSR atau kami bantu dalam pemasarannya, sehingga mereka tetap bisa bertahan di tengah sepinya pembeli,” pungkas Anna.

Sementara itu, mitra binaan Pertamina pemilik usaha ‘Moko Konveksi’, Budi Turmoko, mengungkapkan bahwa dukungan dari Pertamina sangatlah membantu usahanya. “Di saat seperti ini para pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan yang cukup drastis. Setidaknya dengan adanya permintaan dari Pertamina ini, kami diberikan harapan untuk tetap melanjutkan usaha,” terangnya.

Lihat juga...