Polda NTB Budayakan Berjemur Pagi Cegah Virus

MATARAM – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mulai membudayakan berjemur pada pagi hari, sebagai salah satu upaya pencegahan pandemi Corona Virusdisease 2019 (Covid-19).

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol. Artanto di Mataram, mengatakan pihaknya mewajibkan anggota dan PNS Polri untuk berjemur. Hal ini sudah berjalan sesuai arahan Kapolda NTB Irjen Pol. Tomsi Tohir.

“Kapolda NTB memerintahkan kami untuk berjemur tepat pada pukul 10.00 Wita. Ini dilakukan supaya kesehatan dan imunitas (daya tahan) tubuh tetap terjaga,” kata Artanto, Rabu (1/4/2020).

Menurut dia, ahli kesehatan juga telah menyarankan hal ini. Dengan rutin berjemur pada pagi hari, dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh manusia.

“Paling tepat itu (berjemur) dikatakan oleh ahli kesehatan pada pukul 10.00 Wita. Kita disarankan berjemur kurang lebih 10-15 menit lamanya,” katanya, menjelaskan.

Dengan rutin melakukan kegiatan ini, harapannya polisi sebagai garda depan dalam melayani serta mengayomi masyarakat dapat menjalankan tugas dengan kondisi tubuh yang tetap sehat.

Dari pantauan di lokasi, tepat pada pukul 10.00 Wita, seluruh anggota dan PNS Polri yang berdinas di markas komando terpusat kepolisian untuk wilayah kerja NTB tersebut tampak keluar dari dalam gedung dan ruang kerjanya.

Rutinitas pekerjaan kedinasan mereka lepas sejenak setelah mendengar bunyi peluit, sebagai isyarat dimulainya kegiatan berjemur pada pagi hari. Sebagian di antara mereka terlihat berkumpul di lahan parkir dan sekitaran gedung.

Ada yang berdiri, duduk menghadap arah matahari, bahkan ada juga yang sibuk sendiri memanfaatkan kegiatan pagi tersebut dengan olah raga ringan dan meregangkan persendian badan.

Begitu pula mereka  yang melaksanakan kegiatan di lapangan Gajah Mada Mapolda NTB. Dari lokasi ini, terpantau barisan anggota lebih rapi dan berjarak.

Sekitar puluhan anggota muda melakukan olah raga ringan dengan melepas baju dinasnya, kemudian mengikuti arahan komandan.

Selang waktu 15 menit, tepat pada pukul 10.15 Wita, terdengar bunyi peluit untuk kali ke dua. Hal ini mengisyaratkan berjemur telah selesai dan mempersilakan seluruh anggota serta PNS Polri untuk kembali bertugas. (Ant)

Lihat juga...