Polresta Banyumas Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Dampak Covid-19 mulai meluas, tak hanya dari sisi kesehatan namun juga mulai merambah ke sektor ekonomi. Karenanya, dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak, jajaran Polresta Banyumas membagikan sembako untuk warga sekitar.

“Hari ini ada 200 paket sembako yang kita bagikan dan kegiatan ini diharapkan terus berlanjut sampai wabah ini mereda. Sehingga masyarakat benar-benar terbantu. Kalau hari ini batuan dari anggota Polresta, besok dari anggota Kodim Banyumas dan seterusnya,” kata Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka, Kamis (9/4/2020), usai membagikan paket sembako kepada warga.

Menurut Kapolresta, dampak Covid-19 sudah mulai banyak dirasakan masyarakat. Terutama bagi yang tidak dapat bekerja, sehingga tidak mempunyai penghasilan, kemudian karyawan yang dirumahkan untuk sementara waktu atau pun pemudik yang pulang dan tidak mempunyai pekerjaan di sini.

“Pengangguran jelas bertambah, pembatasan aktivitas juga menyebabkan banyak yang tidak dalam bekerja, karena itu masyarakat butuh bantuan untuk kelangsungan hidup mereka sehari-hari,” tuturnya.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka dan Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf, Chandra. -Foto: Hermiana E. Effendi

Pembagian sembako ini dilakukan serentak, dari polresta hingga ke polsek-polsek di wilayah Banyumas. Di wilayan polresta sendiri, pembagian sembako dilakukan para lima titik. Kapolresta ikut membagikan sembako dengan mendatangi langsung rumah warga yang berada di dekat mapolresta.

“Ini bantuan sekedarnya dari para anggota, untuk membantu bapak-ibu yang tidak bisa bekerja akibat wabah Covid-19,” katanya kepada salah satu warga penerima bantuan.

Selain membantu warga, pemberian sembako ini juga sebagai upaya untuk mencegah tindak kriminalitas, seperti pencurian dan sejenisnya.

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf, Chandra yang ikut dalam pembagian paket sembako tersebut mengatakan, berbagai upaya pencegahan Covid-19 sudah dilakukan jajaran TNI bersama dengan Polri, mulai dari penyemprotan massal, pembatasan kerumunan melalui patroli bersama, pembagian hand sanitizer kepada masyarakat dan edukasi tentang Covid-19 yang dilakukan jajaran koramil serta polsek-polsek setiap hari.

“Pemberian sembako ini, sekaligus juga untuk memotivasi masyarakat supaya terbangun rasa solidaritas dan gotong-royong untuk mengatasi Covid-19. Sebab, dampaknya sudah merambah semua sektor, sehingga masyarakat harus bahu-membahu, saling membantu untuk bisa keluar dari wabah ini,” terangnya.

Lihat juga...