RSUD Rasidin Padang Siap Lakukan Penanganan Covid-19

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasidin Kota Padang, resmi ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Sejumlah perlengkapan seperti alat pelindung diri (APD) langsung dipasok ke rumah sakit yang berada di Kelurahan Air Pacah tersebut.

Guna memastikan hal itu, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, meninjau langsung kesiapan RSUD Rasidin. Dalam kesempatan itu Wali Kota juga menyaksikan penerimaan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 450 pcs untuk RSUD Rasidin, sebagai tambahan perlengkapan keperluan APD bagi rumah sakit plat merah tersebut.

Ia menyebutkan, sejak ditunjuknya RSUD Rasidin menjadi rumah sakit khusus menangani kasus covid-19, penting bagi Pemko Padang tentu memastikan kebutuhan, kelengkapan dan segala sesuatunya terutama APD di rumah sakit tersebut.

“Sejauh ini semuanya berjalan dengan baik dan sesuai harapan tentunya. Kendati demikian, saya berharap situasi dampak dari Covid-19 ini akan membaik ke depannya,” katanya, Rabu (8/4/2020).

Dalam peninjauan tersebut, Mahyeldi tidak hanya melihat kesiapan APD, juga memeriksa sarana dan prasarana yang berkaitan dengan alur penanganan Covid-19 di RSUD Rasidin tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar rumah sakit itu, benar-benar menghadapi situasi kemungkinan terburuk, dalam penanganan Covid-19 ini.

“Pemko Padang tidak hanya memastikan kondisi di rumah sakit saja, kita juga telah memantau sejumlah kesiapan di posko penanganan Covid-19. Begitu juga untuk kebijakan lainnya, seperti wajib menggunakan masker, dan telah menutup akses jalan menuju pusat kota,” jelasnya.

Berkaitan dengan kondisi terbaru kasus Covid-19 di Kota Padang hari ini, Rabu (8/4) jumlah warga Kota Padang yang terjangkit virus corona jenis baru itu bertambah sebanyak 3 orang. Total, hingga hari ini, ada 15 orang warga Kota Padang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, ada 3.428 PPT, 223 OTG, 58 ODP, 22l5 PDP, 9 orang negatif Covid-19, dan 1 orang lagi masih dalam tahap menunggu hasil pemeriksaan. Di Kota Padang, 1 orang pasien dinyatakan meninggal dunia, dan belum ada pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19.

Sementara itu, Dirut RSUD dr. Rasidin, Herlin Sridiani, menyebutkan, saat ini pihaknya sedang proses persiapan menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dalam penanganan covid-19. Mulai dari sarana prasarana, ruang inap dan APD serta tenaga medis.

“Sebagai rumah sakit rujukan kita perlu memenuhi standar penanganan pasien Covid-19,” ujarnya.

Herlin mengakui bahwa sangat membutuhkan APD yang cukup banyak. Kini dengan telah diterimanya bantuan dari BNPB sebanyak 450 pcsm, yakni APD berupa Baju hazmat (anti virus) dan masker bedah untuk pasien.

Selain itu, dengan adanya 4 unit layanan dan IGD yang dimiliki RSUD Rasidin, dalam menangani kasus Covid-19, tentu menjadikan kebutuhan APD lengkap minimal 150 buah per hari. Ia berharap bantuan APD akan selalu ada, hal ini mengingat kebutuhan cukup banyak

“Bantuan APD yang kita terima pun juga kita seleksi kelayakannya sesuai standar yang ditentukan,” tegasnya.

Lihat juga...