Rumkitlap Diharapkan Dapat Diakses Masyarakat

Ilustrasi -Mobil ambulance membawa pasien Corona - Foto: ANTARA

JAKARTA – Keberadaan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) diharapkan dapat diakses masyarakat, dalam persoalan penanganan virus corona (COVID-19).

Rumkitlap di Jakarta Utara dibangun oleh sejumlah dunia usaha di dalam kawasan Perumahan Ancol Timur di Jalan Pasir Putih Ancol. Untuk mengaksesnya, harus melewati penjagaan yang begitu ketat. Mereka yang tidak memiliki kepentingan bahkan dilarang masuk di dalam kawasan tersebut.

“Ini bisa menjadi rujukan warga DKI Jakarta untuk penanganan COVID-19,” tegas Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, Kamis (9/4/2020).

Wali Kota Sigit, menyerahkan surat rekomendasi bahwa Rumkitlap Yayasan Artha Graha Peduli (AGP) memenuhi kriteria sebagai rumah sakit lapangan. “Ini menjadi penyemangat bagi kita semua, untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Sigit.

Pemkot Jakarta Utara menyerahkan surat tugas kepada 178 personel, yang terdiri dari enam pembina dan pengawas, delapan dokter spesialis, 15 dokter umum dan dokter gigi, 34 perawat, apoteker dan analis serta 113 relawan untuk bertugas selama masa tanggap Darurat COVID-19.

Juru bicara AGP, Hanna Lilies Puspawati mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, yang telah memberikan rekomendasi kepada Rumkitlap serta menyerahkan paramedis untuk mendukung operasionalnya. Sebagai lembaga yang bergerak pada misi kemanusiaan, AGP berkewajiban untuk hadir membantu ibu pertiwi dalam bencana alam dan bencana non alam seperti wabah COVID-19. (Ant)

Lihat juga...