Satlantas Polres Lamsel Lakukan Disinfeksi dan Penimbunan Lubang

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG —  Satlantas Polres Lampung Selatan (Lamsel) melakukan disinfeksi pada sejumlah fasilitas umum.  Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan pada jalan umum, klinik, gereja, masjid, balai desa.

Kepala Satlantas Polres Lamsel, AKP Agustinus Rinto mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnom, menyebutkan disinfeksi menjadi bagian kegiatan Operasi Keselamatan Krakatau 2020.  Sesuai instruksi Kapolri operasi keselamatan dilakukan dengan fokus pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19). Operasi yang akan digelar selama 14 hari tersebut, Satlantas melalukan penyemprotan di tiga titik. Titik disinfeksi digelar pada wilayah Natar, Pelabuhan Bakauheni dan Kalianda.

Kegiatan disinfeksi di Terminal Bakauheni diakui AKP Agustinus dilakukan rutin setiap hari.  Proses disinfeksi dilakukan pada sejumlah kendaraan angkutan umum dan penumpang, pada kendaraan bus, travel, motor yang akan masuk ke area terminal diwajibkan cuci tangan dengan sabun yang telah disediakan bagi pengemudi, penumpang.

“Penyemprotan dengan disinfektan pada sejumlah fasilitas umum kami lakukan kegiatan penyemprotan dari tugu Raden Intan hingga perbatasan dengan Kabupaten Pesawaran dalam upaya pencegahan Covid-19,” terang AKP Agustinus Rinto saat dikonfirmasi Cendana News, Selasa (7/4/2020).

Kasatlantas Polres Lampung Selatan, AKP Agustinus Rinto usai proses disinfeksi pada masjid, gereja di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Selasa (7/4/ 2020). -Foto Henk Widi

Pada Operasi Keselamatan 2020 Polres Lamsel melalui Satlantas disebutnya mendirikan posko terpadu. Posko terpadu menurutnya ikut mendukung posko gugus tugas pencegahan dan  penanganan Covid-19 Pemkab Lamsel. Proses disinfeksi pada sejumlah tempat ibadah gereja Santo Petrus dan Paulus, Masjid Al Itiqomah di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Melibatkan puluhan personel Satlantas Polres Lamsel selain upaya pencegahan Covid-19 pihaknya melakukan perbaikan titik jalan rusak. Sejumlah titik jalan rusak yang diperbaiki dengan penimbunan berada di Jalinsum KM 67 dan 68. Titik jalan pada ruas jalan nasional tersebut kerap dilaporkan masyarakat mengakibatkan kecelakaan. Personel melakukan penimbunan lubang agar tidak membahayakan pengguna jalan.

“Keluhan masyarakat kami tanggapi dengan penimbunan memakai peralatan yang ada agar mengurangi titik jalan berlubang,” cetusnya.

Kegiatan Operasi Keselamatan Krakatau 2020 disebut AKP Agustinus Rinto dalam waktu dua pekan akan difokuskan pada upaya lawan Covid-19. Giat yang dilakukan menurutnya bersifat preemtif melaksanakan patroli dan imbauan melalui publik pada kerumunan masyarakat yang ada di pinggir jalan. Sesuai domain polisi lalu lintas menghimbau agar kerumunan masyarakat tidak dilakukan.

Langkah konkret lain yang dilakukan Satlantas disebut Agustinus Rinto dengan imbauan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Pencegahan bisa dilakukan dengan physical distancing atau jaga jarak serta menyediakan tempat cuci tangan dan cairan pembersih tangan. Di Desa Pasuruan ia menyebut penyediaan bilik disinfektan, petugas piket memantau pendatang menjadi cara efektif pencegahan Covid-19.

Omon Budiyanto, Kepala Dusun Sumbersari menyebut mengapresiasi langkah Polres Lamsel. Sebab dengan penyemprotan disinfektan pada rumah ibadah di dusun, balai desa akan semakin menyadarkan pentingnya menjaga kesehatan. Sebagai protokol kesehatan ia memastikan warga telah diimbau untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan.

“Protokol kesehatan bagi warga luar daerah yang tiba di dusun kami harus melapor dan melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” tuturnya.

Selain penyemprotan pada tempat ibadah,sejumlah titik jalan di Desa Pasuruan juga disemprot disinfektan. Selanjutnya fasilitas umum balai desa setempat juga dilakukan disinfeksi. Penyediaan tempat cuci tangan dilengkapi galon air, sabun diwajibkan kepada masyarakat yang akan melakukan kegiatan di balai desa.

Lihat juga...