Sejumlah Desa di Sumbar Lakukan Pencegahan Covid-19

Editor: Koko Triarko

PESISIR SELATAN – Upaya pencegahan penularan Covid-19 di Sumatra Barat tidak hanya aktif dilakukan di kawasan perkotaan. Namun, juga di perdesaan dengan penyemprotan rutin disinfektan.

Seperti yang dilakukan di Nagari/Desa Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan. Di daerah ini petugas dari pemerintah nagari/desa setempat secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum, dan rumah-rumah warga sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

Wali Nagari Sungai Pinang, Azli Bagindo Alam, mengatakan penyemprotan tersebut merupakan bentuk sinergitas Pemerintah Nagari, Bidan Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Bamus Nagari, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta kader-kader nagari.

“Kegiatan ini kita mulai setiap hari sekira pukul 08.00 pagi. Target kita seluruh fasilitas umum serta rumah warga,” katanya, Jumat (3/4/20202).

Azli mengatakan, pihaknya menerjunkan beberapa personel, yang mengenakan jas hujan yang dialihfungsikan sebagai alat pelindung diri (APD). Dengan adanya penyemprotan, ia berharap agar masyarakat dapat terhindar dari virus Corona serta setiap masyarakat dapat melakukan penyemprotan secara mandiri.

“Ada beberapa orang yang menyemprot, semua pakai jas hujan agar aman. Kita berharap, nagari kita bebas dari virus Corona. Ini salah satu langkah yang kita ambil untuk pencegahan,” ujarnya.

Dengan adanya upaya dari pemerintah desa setempat, dan agar upaya berimbang dengan upaya mandiri yang dilakukan warga, Azli berharap setiap warga yang merantau dan jika ada yang niat ingin pulang ke kampung halaman, dapat diundur.

Namun jika memaksa hendak pulang ke kampung halaman, dapat melapor ke fasilitas kesehatan nagari atau ke Bidan Desa.

Menurutnya, demi menghindari penyebaran virus Corona, setiap warga yang pulang dari rantau, agar dapat memeriksa kesehatan kepada dirinya, atau ke fasilitas kesehatan desa.

Ke depan, pihaknya akan melakukan edukasi kepada masyarakat melalui Kegiatan Germas dan penyuluhan tentang pencegahan wabah Covid-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon, mengatakan, dalam rangka upaya pencegahan mewabahnya virus Corona di daerah setempat, sangat diperlukan dukungan seluruh pihak, selain itu kerja sama masyarakat agar selalu menaati larangan pemerintah saat ini.

Menurut Sekda, keberadaan posko-posko pemeriksaan dan penanganan virus Corona sangat diperlukan, untuk itu kepada Camat agar dapat menyampaikan kepada setiap Wali Nagari untuk menyiapkan satu posko di setiap Nagari.

“Kita berharap, posko penanganan Corona yang dilengkapi petugas kesehatan harus ada di setiap nagari, sehingga akan mempermudah dalam penanganan Corona untuk masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membolehkan setiap nagari untuk menganggarkan pembelian alat penyemprotan disinfektan, sehingga dapat melakukan penyemprotan ke rumah-rumah masyarakat.

“Untuk penanganan Corona ini kepada Wali Nagari agar segera menganggarkan alat semprot disinfektan, setelah itu lakukan penyemprotan ke rumah warga, jangan menunggu bantuan dulu, kita harus cepat tanggap, dananya bisa dianggarkan pada APB Nagari,” jelasnya.

Sekda mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu patuh terhadap larangan dari Pemerintah, berada di rumah akan sangat lebih baik. Jangan pergi ke tempat ramai atau acara perkumpulan, karena dengan cara demikian akan memutus mata rantai menyebarnya virus Corona di daerah ini.

Lihat juga...