Tes Cepat Ratusan TKI Malaysia di Sumut, Negatif COVID-19

MEDAN – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Mayor Kes dr. Whiko Irwan, mengatakan, hasil tes cepat (rapid test) para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia dinyatakan negatif COVID-19.

“Total 513 TKI asal Sumatera Utara yang pulang dari Malaysia, hasil tes cepatnya semua negatif COVID-19,” katanya, Jumat malam.

Ratusan TKI ini dikarantina sementara di dua lokasi yakni di Taman Cadika Lubuk Pakam yang berjumlah 134 orang dan di Pangkalan TNI-AU (Lanud) Soewondo Medan Polonia berjumlah 379.

“Karantina ini sifatnya sementara, kita menunggu mereka dijemput oleh tim dinas dari kabupaten. Mereka kita tampung sementara disini, kita beri makan, kita beri alat mandi dan handuk. Kemudian kita isi kegiatan senam dan berikan bimbingan moril dan semangat,” ujarnya.

Beberapa TKI, kata Whiko, juga sudah dijemput oleh tim Dinas Kesehatan dan Dinas Ketenagakerjaan dari daerah masing-masing TKI.

“Untuk yang di Lanud Soewondo sudah 61 orang yang dijemput, dimana 41 orang dari gelombang kedua dan 20 orang dari gelombang ketiga. Kalau yang di Lubuk Pakam kita belum menerima datanya,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...