UNEJ Beri Bantuan Paket Data Gratis Mahasiswa Kuliah Daring

Editor: Koko Triarko

Rokhmad Hidayanto, Kepala Sub Bagian Humas Universitas Jember saat menunjukkan surat edaran rektor tentang bantuan paket data internet untuk mahasiswa S1 dan diploma, Kamis (2/4/2020). -F-oto: Kusbandono

JEMBER – Sejak dua minggu ini, Universitas Jember (UNEJ) telah melakukan kegiatan perkuliahan secara daring (study from home), akibat wabah virus baru Corona penyebab Covid-19. Untuk memperlancar perkuliahan secara daring itu, Unej memberikan bantuan paket data internet senilai Rp50.000,00 per bulan bagi mahasiswanya yang membutuhkan.

“Bantuan paket data internet disalurkan melalui provider/operator Telkomsel dan Indosat. Paket data internet ini diberikan kepada mahasiswa jenjang S1 dan Diploma dari bulan April hingga Juni 2020,” kata Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna di Kampus Tegalboto, Kamis (2/4/2020).

Menurut Iwan, kebijakan memberikan bantuan paket data internet untuk mahasiswa ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, yang menetapkan sistem perkuliahan secara daring sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Harapannya, mahasiswa dapat mengikuti kuliah daring tanpa kendala keterbatasan paket data internet.

“Untuk kali ini Universitas Jember bekerja sama dengan provider Telkomsel dan Indosat, sehingga hanya mahasiswa yang memiliki nomor telepon seluler dari dua provider tersebut yang mendapatkan bantuan paket data internet,” jelas Iwan, yang baru tiga bulan menjabat rektor tersebut.

Menurutnya, bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan paket data internet dipersilakan mendaftarkan diri melalui user Sister masing-masing, melalui menu event yang hanya dapat diakses melalui Sister Web, dengan mencantumkan nomor handphone dan jenis provider/operatornya.

Sementara itu Rokhmad Hidayanto, Kepala Sub Bagian Humas Universitas Jember, menjelaskan, bagi mahasiswa yang membutuhkan dapat mengajukan melalui daring serta diberikan bertahap.

Masa pendaftaran nomor handphone mahasiswa untuk bantuan paket data internet bulan April mulai 2 April hingga 8 April 2020. Namun perlu diingat, bantuan paket data internet ini hanya untuk mahasiswa jenjang S1 dan Diploma yang tercatat aktif mengikuti perkuliahan di semester genap tahun akademik 2019/2020.

“Sementara untuk penyaluran bantuan paket data internet bulan Mei dan Juni akan diinformasikan lebih lanjut melalui broadcast Telegram pada awal Mei dan Juni 2020,” pungkasnya.

Lihat juga...