YASA dan Satgas Covid-19 VBT Bagikan Bantuan Warga Terdampak

Editor: Makmun Hidayat

MALANG — Lembaga Amil Zakat Yayasan Amal Sosial Ash Shohwah (LAZ YASA) Malang bersama Satgas Covid-19 Villa Bukit Tidar (VBT) membagikan puluhan paket sembako kepada warga terdampak, sekaligus tempat cuci tangan untuk menangkal penyebaran virus Covid-19.

Direktur LAZ YASA Malang, Andi Tricahyono, menjelaskan kegiatan kali ini merupakan kolaborasi solidaritas lawan corona berupa ketahanan pangan melalui pendistribusian beras kepada warga terdampak wabah Covid-19.

“Kami berkomitmen menyalurkan 25 ribu kilogram beras atau 25 ton beras kepada 1.000 warga terdampak khususnya da’i,  guru ngaji, yatim dan dhuafa terutama yang informal di 20 titik di Malang raya.  Saat ini yang kita prioritaskan adalah warga yang penghasilannya turun atau tidak memiliki penghasilan akibat Covid-19,” jelasnya saat ditemui di Posko Satgas Covid-19 VBT, Kamis (9/4/2020).

Direktur LAZ YASA Malang, Andi Tricahyono, saat ditemui di Posko Satgas Covid-19 VBT, Kamis (9/4/2020). -Foto: Agus Nurchaliq

Disampaikan Andi, di wilayah Vila Bukit Tidar YASA menyalurkan 50 paket beras untuk membantu kebutuhan pangan pokok warga terdampak selama 1-2 bulan. Dalam pendistribusiannya, YASA bekerja sama dengan komunitas-komunitas agar mereka bisa menambahkan produk sembako lainnya.

“Jadi kami yang menyediakan beras dan teman-teman komunitas yang akan menambahkan sembako lainnya. Salah satunya bekerja sama dengan Satgas Covid-19 VBT, ” ungkapnya seraya menandaskan, sebagai lembaga amil zakat, bantuan beras tersebut berasal dari donasi para donatur.

Sementara itu Ketua Satgas Covid Villa Bukit Tidar, Ahmad Muwafiq Saleh, dari pihak Satgas dan RW memberikan bantuan paket sembako dan tempat cuci tangan untuk melengkapi bantuan dari YASA.

Menurut Muwafiq, paket sembako yang dibagikan berupa voucher sembako senilai 25 ribu rupiah. Melalui voucher tersebut diharapkan warga terdampak bisa membeli sembako seperti minyak maupun telur di toko-toko tertentu yang telah ditunjuk tim satgas.

Mereka yang mendapatkan bantuan beras dan paket sembako merupakan warga terdampak yang sebelumnya telah diseleksi oleh masing-masing RT.

Ketua Satgas Covid Villa Bukit Tidar, Ahmad Muwafiq Saleh, di Posko Satgas Covid-19 VBT, Kamis (9/4/2020). -Foto: Agus Nurchaliq

“Jadi masing-masing ketua RT keliling ke semua warganya, mencari warga yang terdampak, yang pekerjaannya hilang dan yang pendapatannya menurun karena Covid-19. Kemudian pendistribusian beras dan voucher juga dilakukan oleh RT sehingga masing-masing RT ikut bertanggung jawab terhadap warganya,” terangnya.

Sementara untuk bantuan tempat cuci tangan akan diletakkan ke toko-toko kelontong dan ruang publik seperti ATM yang berpotensi sering dikunjungi masyarakat.

“Kami sudah buat 40 wadah cuci tangan yang insyaallah mulai nanti sore sudah bisa dibagikan. Harapannya nanti setiap warga yang berinteraksi di situ mereka bisa mencuci tangannya sebelum atau setelah bertransaksi,” tuturnya.

Lebih lanjut, disampaikan Ketua RW 11 Vila Bukit Tidar,  Yudi Purwanto, mengaku di wilayahnya tersebut kurang lebih ada 80 warga yang terdampak Covid-19.

Alhamdulillah warga kami bisa mendapatkan bantuan sembako dan kami akan mengawal 1-2 bulan ke depan warga yang terdampak agar tidak kelaparan. Karena kalau mereka kelaparan dikhawatirkan akan terjadi tindak kriminal,” ucapnya seraya mengatakan bantuan ini nantinya akan dibagikan secara bertahap.

Lihat juga...