Aksi Bumblebee Lubangi Tanaman, Percepat Proses Berbunga

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Penelitian terbaru menyatakan bahwa lebah Bumblebee melubangi bagian tanaman untuk mempercepat proses tanaman berbunga. Menurut para peneliti, ini merupakan cara mereka untuk mendapatkan makanan, saat tidak ada makanan yang tersedia pasca-hibernasi. 

Kepala R&D Taman Buah Mekarsari, Azis Natawijaya, menjelaskan proses berbunga dari tanaman biasanya dilakukan secara abiotik. Jarang sekali karena proses biotik.

“Penelitian terbaru terkait Bumblebee (Bombus terrestris) ini menunjukkan adanya koevolusi antara tanaman inang dan polinator,” kata Azis saat ditemui di Area Taman Buah Mekarsari, Rabu (27/5/2020).

Azis menjelaskan koevolusi adalah suatu kondisi yang menyebabkan gigitan Bumblebee bisa menyebabkan tanaman berbunga lebih awal.

Ia menyatakan bahwa Bumblebee ini bukanlah lebah madu tapi masih dalam satu Orde yaitu Hymenoptera dan Bumblebee masuk dalam Famili Apidae.

“Tanaman memiliki florigen atau gen pembunuhan. Cairan yang  ada pada mandibel di Bombus memiliki aktivator florigen. Sehingga pada saat Bombus memotong daun  atau melepaskan senyawa aktivator, gen-gen pembungaan pada tanaman tersebut akan terekspresi sehingga menyebabkn tanaman berbunga,” urainya.

Dalam penelitian, disebutkan bahwa dengan menggunakan mandibel dan proboscises, Bumblebee melubangi daun dari tanaman untuk membuat tanaman berbunga dan memberikan makanan yang mereka butuhkan.

“Kalau dari hasil penelitian tersebut, sejauh ini baru Bumblebee saja yang dinyatakan mampu untuk melakukan hal ini,” ujar Azis.

Karena mayoritas penyebab munculnya bunga adalah faktor abiotik, maka diperkirakan tujuan Bumblebee untuk melubangi bagian tanaman adalah untuk membuat tanaman stres.

“Biasanya tanaman itu berbunga, jika kekurangan air. Dengan skema melubangi ini adalah untuk membuat tanaman stres lalu akan berbunga,” paparnya.

Dalam penelitian, perbandingan antara tanaman tomat yang tidak digigit oleh Bumblebee dengan yang digigit menunjukkan tanaman tomat yang digigit berbunga 30 hari lebih cepat dibandingkan yang tidak digigit.

Dan semua jenis Bumblebee ternyata memiliki karakter yang sama saat membutuhkan makanan. Yaitu dengan melukai tanaman untuk membuat tanaman tersebut stres.

Lihat juga...