Bisnis Aquascape di Sleman Laris Saat Pandemi Corona

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Pandemi Covid-19 yang telah memberikan dampak besar pada banyak sektor usaha mikro dan kecil di Indonesia, tidak mempengaruhi usaha di bidang hobi tanaman hias akuarium atau biasa disebut aquascape. 

Sebaliknya, munculnya Covid-19 seakan menjadi berkah tersendiri bagi para pelaku usaha di bidang hobi aquascape. Imbauan untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan dan tetap berada di rumah, membuat masyarakat mencari kesibukan, salah satunya aquascape.

Hal itu dikatakan salah seorang pelaku usaha di bidang hoby aquascape, Dwicahyo Hanantyo (29), warga Samirono Baru, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Seorang pelaku usaha di bidang aquascape, Dwicahyo Hanantyo (29), saat ditemui di rumahnya di Samirono Baru, Caturtunggal, Depok, Sleman, Selasa (12/5/2020). –Foto: Jatmika H Kusmargana

Ia menyebut, sejak virus Corona muncul, omzet usahanya justru meningkat hingga 30-50 persen dibandingkan sebelum ada pandemi.

“Mungkin karena saat ini banyak orang yang berada di rumah. Sehingga butuh hiburan dan kesibukan. Hobi aquascape menjadi pilihan karena cukup mudah, bisa dilakukan semua lapisan, dan memiliki keunikan serta keindahan tersendiri,” ujarnya, saat ditemui Selasa (12/5/2020).

Ia menjelaskan, aquascape merupakan sebuah hobi unik yang menggabungkan seni dan ilmu pengetahuan mengenai tanaman dan ikan hias. Yakni, seni yang mengatur tata letak tanaman air, batu, atau kayu dan media lain secara alami dalam sebuah aquarium, sehingga tampak indah dipandang. Orang juga sering menyebut aquascape sebagai berkebun di dalam air.

Memulai usaha secara serius sejak 2017, Hanantyo menjual berbagai macam jenis tanaman aquascape serta peralatannya. Membudidayakan sendiri tanaman air di pekarangan sempit rumahnya, ia mengaku bisa mengantongi omzet hingga Rp5-6juta setiap bulannya. Baik itu dari menjual tanaman, setting hingga perawatan.

“Sebenarnya peluang usaha di bidang aquascape ini masih sangat terbuka. Karena belum semua permintaan pasar bisa terpenuhi. Hanya saja belum banyak yang mengetahui. Padahal, usaha ini bisa dilakukan siapa saja dan tidak memerlukan modal yang besar. Karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan rumah,” ungkapnya.

Lihat juga...