Cegah Terinfeksi COVID-19. Pasukan Kuning di Banjarmasin Diberi APD

Salah satu pasukan kuning Banjarmasin saat bekerja – Foto Ant

BANJARMASIN – Seribu lebih pasukan kuning atau pasukan pembersih jalan dan sampah di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD).

APD tersebut untuk menjaga keselamatan selama bekerja, dari infeksi virus corona  yang tengah mewabah. Sebagaimana diketahui, Kota Banjarmasin telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 24 April 2020 hingga 14 hari ke depan. Hal itu dilakukan, karena kasus infeksi COVID-19 terus meningkat.

Hingga 5 Mei 2020, sudah ada 67 kasus positif COVID-19. Baru 14 orang dinyatakan sembuh, dan 10 orang tercatat meninggal dunia. Karena belum meredanya wabah COVID-19, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin harus memastikan, para petugas kebersihan yang beraktivitas di luar rumah harus dilindungi.

Sementara saat ini, produksi sampah di Kota Banjarmasin mencapai 600 ton per-hari. Dengan APD standar, diharapkan keselamatan dan kesehatan mereka dapat terjaga. Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Banjarmasin, Marzuki mengatakan, kekhawatiran akan terinfeksi membuat DLH memberi pasukan kuning fasilitas APD .

“Bahagia mereka adalah wujud tanggung jawab kami. Ketika sebagian orang diminta stay at home, sanak keluarga kita petugas kebersihan harus bekerja rutinitas dengan waktu normal, sementara yang lain berada di rumah. Di situ kekhawatiran kami timbul, dan kami berkewajiban memberikan mereka penyemangat, meskipun nilai tidak banyak namun menurut kami itu sangat berarti bagi keluarga mereka,” ucap Marzuki, di Banjarmasin, Selasa (5/5/2020).

Selain APD seperti sepatu boot, jas hujan, sarung tangan, masker. DLH juga memberi uang tunai Rp500 ribu dengan dua tahap, yang diserahkan pada Mei dan Juni 2020. “Untuk perlengkapan APD dan uang sebagian sudah mulai dibagikan sejak 29 April lalu kepada petugas, untuk anggaran yang digunakan adalah dari pergeseran intren DLH Kota Banjarmasin,” jelasnya. (Ant)

Lihat juga...