Covid-19 Hambat Kelancaran Program ‘Modal Kita’ di Trirenggo

Editor: Koko Triarko

Manajer Umum Koperasi KUD Gemah Ripah, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta, Ambyah. –Dok: CDN

YOGYAKARTA – Munculnya pandemi Virus Corona atau Covid-19 sejak sekitar bulan Maret 2020, benar-benar telah memukul perekonomian masyarakat di semua daerah. Tak kecuali di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo, Bantul. Di desa binaan Yayasan Damandiri ini, ratusan kepala keluarga hidup dari hasil bekerja sebagai pekerja aktif. Baik menjadi petani, pedagang, buruh harian, maupun di sektor informal lainnya. 

Mandeknya kegiatan perekonomian warga desa Trirenggo itu, berdampak pada kemampuan mereka dalam membayar angsuran bulanan program pinjaman usaha Modal Kita, yang dijalankan Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, Bantul.

Manajer Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, tak menampik hal tersebut. Ia mengatakan, tak sedikit anggota nasabah koperasi mulai kesulitan membayar angsuran bulanan. Terlebih dua bulan sejak kemunculannya, pandemi Covid-19 belum juga mereda.

“Tentu dampaknya besar sekali. Ada sebagian anggota nasabah yang mulai kesulitan membayar cicilan ke koperasi,” ungkapnya.

Menyikapi hal itu, Ambyah selaku pengelola Desa Cerdas Mandiri Lestari sekaligus Manajer Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, berharap adanya kelonggaran dari pihak Yayasan Damandiri di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Yakni, dengan memberikan penangguhan pembayaran cicilan Modal Kita bagi semua desa binaan.

“Ya kalau bisa, kita minta kelonggaran dari pihak yayasan. Paling tidak ada penangguhan pembayaran angsuran bagi koperasi. Sehingga koperasi juga bisa memberikan penangguhan pembayaran cicilan bagi setiap anggota atau nasabah,” ungkapnya.

Sebagai informasi, hingga awal 2020 ini, Unit Usaha Modal Kita Koperasi KUD Gemah Ripah Trirenggo tercatat telah menyalurkan pinjaman modal usaha senilai Rp2.188.500.000. Pinjaman modal yang berasal dari Yayasan Damandiri itu disalurkan ke 1.011 warga desa yang tercatat sebagai nasabah atau anggota KUD Gemah Ripah.

Total ada 14 kelompok Modal Kita yang tersebar di 17 padukuhan di wilayah Trirenggo, yang mendapat pinjaman modal usaha ini. Mayoritas merupakan warga miskin atau kurang mampu yang masuk kategori keluarga pra sejahtera atau sejahtera 1.

Lihat juga...