Hadapi Lebaran, BI Sulut Siapkan Dana Tunai Rp2,6 Triliun

Ilustrasi praktik penukaran uang  - foto Ant

MANADO – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), menyiapkan dana tunai sebesar Rp2,6 triliun, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Lebaran 1441 Hijriah.

“Dana sebesar Rp2,6 triliun di Lebaran tahun 2020 ini, mengalami penurunan sebesar 28 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR) BI Sulut, Haratua Panggabean, di Manado, Kamis (21/5/2020).

Kendati mengalami penurunan, namun diyakini dana sebesar Rp2,6 triliun mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal itu mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19, yang diyakini membuat kebutuhan uang tunai tidak terlalu tinggi. Di tahun ini ada 74 titik lokasi penukaran uang yang akan melayani di Sulut. “Penukaran sudah berlangsung sejak 11 Mei lalu, hingga saat ini,” jelasnya.

Tahun ini, BI Sulut tak menggelar penukaran uang receh seperti sebelum-sebelumnya, mengingat masih dalam kondisi darurat Pandemi Covid-19. Dan untuk melayani penukaran di titik-titik tertentu, uang tunai yang disiapkan telah melalui protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. “Sebelum diedarkan atau dijemput bank telah dikarantina 14 hari, melalui proses disinfeksi, dan petugas yang menanganinya juga ikut protokol kesehatan,” jelas Haratua.

Kendati demikian Ia mengimbau, masyarakat memanfaatkan layanan transaksi keuangan nontunai yang disediakan perbankan. Baik itu internet banking, mobile banking atau bisa melalui penyedia sistem pembayaran nontunai. “Dengan transaksi nontunai, kita tidak perlu ke bank atau ATM sekaligus terhindar dari kontak dengan uang, meminimalisir potensi penularan Covid-19,” jelasnya. (Ant)

Lihat juga...