Jamaah Shalat Id di Aceh Diminta Gunakan Masker

BANDA ACEH — Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta kepada jamaah Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh khususnya dan Aceh umumnya untuk menggunakan masker dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Saya minta seluruh jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh untuk memakai masker dan kita juga akan menyediakan masker di sana,” ujar Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu malam.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau Posko Lebaran di Banda Aceh dan turut didampingi Ketua DPRA, Jamaluddin, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin dan unsur pimpinan lainnya.

Ia menjelaskan dirinya telah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Kapolresta Banda Aceh, Dandim dan semua pihak terkait guna memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Kita akan mengupayakan akan ada masker yang diberikan secara gratis kepada jamaah di pintu masuk Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh,” ucapnya.

Ia mengatakan penggunaan masker tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan memotong mata rantai penyebaran COVID-19.

“Penggunaan masker ini juga sesuai dengan Peraturan Wali Kota Banda Aceh, jadi semua harus melaksanakannya juga,” katanya.

Menurut dia Aceh merupakan provinsi yang tingkat penyebaran virus paling rendah dan kesembuhan tinggi, namun pihaknya tetap waspada salah satunya adalah dengan menggunakan masker.

Nova juga menambahkan jika memungkinkan perlu adanya jarak antara satu jamaah dengan lainnya dalam upaya pencegahan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Dr EMK Alidar mengatakan Masyarakat Aceh yang tetap ingin melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Masjid maupun lapangan diminta menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Alidar menjelaskan, sejumlah Masjid di Aceh, termasuk Baiturahman Banda Aceh, telah menyatakan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri yang jatuh pada pada Minggu (24/5).

“Untuk itu seluruh jamaah tetap perlu menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, memakai masker dan tidak berjabat tangan,” demikian Alidar. [Ant]

Lihat juga...